Nyatanya Banyak TKW yang Ditipu Bekerja di Tokyo. Modusnya Begini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Nyatanya Banyak TKW yang Ditipu Bekerja di Tokyo. Modusnya Begini

tki
Ilustasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Puluhan warga Indonesia ditipu dijadikan TKI di Tokyo Jepang dengan iming-iming gaji besar.

Pelaku menjanjikan mereka bakal bekerja di perkebunan dan konstruksi. Dalam aksinya, pelaku memanfaatkan visa elektronik dengan mengajukan visa kunjungan dan visa belajar. Namun setiba di Jepang, para korban tidak ditampung dan dilepas begitu saja di Tokyo.

“Mereka akhirnya mencari hidup sendiri, bekerja. Kemudian ditangkap oleh Imigrasi Jepang karena menggunakan visa yang over stay,” Kasubdit III Dit Tipidum Bareskrim Kombes Umar S Fana di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (1/8/2016).

Dari 30 korban itu, 15 di antaranya sudah berada di Indonesia. Sementara 15 lainnya masih di KBRI Jepang. “Korban lain masih ditelusuri karena korban mengaku sudah hampir dua tahun,” ujarnya.

Umar menegaskan, pihaknya masih mendalami kasus ini dan tidak berhenti di satu tersangka saja. Sebab, dalam pembuatan dokumen tidak mungkin dijalankan oleh satu orang saja.

Para tersangka dijerat pasal 4 UU RI No 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang dan atau pasal 102 ayat 1 huruf A UU No 39 tahun 2014 tentang penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri. (ril/pj1)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top