5 Jenis Bau Nafas Ini Menggambarkan Kondisi Kesehatan Anda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

5 Jenis Bau Nafas Ini Menggambarkan Kondisi Kesehatan Anda

IMG_4335
Foto: literine.ca

FAJAR.CO.ID – Menurut ahli bakteriologi bernama Harold Katz, DDS, bau yang dihasilkan oleh mulut bukanlah penyebab utama seseorang memiliki nafas yang bau. Kebanyakan, bau mulut kronis justru dikarenakan keadaan mulut yang kering, karena tanpa adanya cairan pada mulut, maka bakteri pada mulut akan lebih leluasa untung berkembang biak.

“Seperti saat anda tertidur maka produksi air liur akan berhenti. Itulah yang menyebabkan mulut kering dan nafas yang tidak sedap,” jelas Katz.

Namun dalam kasus lain, bau mulut yang kronis bisa menjadi sebuah sinyal ada yang salah dengan tubuh anda. Percaya atau tidak, setiap bau mulut yang ditunjukan seseorang memberikan petunjuk apa yang salah dengan organ tubuh anda yang lain.

Berikut beberapa jenis bau mulut yang menggambarkan kondisi kesehatan anda seperti dilansir Fox News:

1. Nafas anda seperti kamper
Jika bau nafas anda mirip dengan bau kamper, bisa jadi anda memiliki alergi, post-nasal drip atau mungkin infeksi sinus. Ketika anda terkena masalah sinus yang kronis, bakteri di dalam mulut dapat merubah protein pada ingus menjadi senyawa bernama skatole.

2. Nafas anda seperti buah
Kalau ini terjadi pada anda, ada kemungkinan anda memiliki diabets. Gula dalam aliran darah anda normalnya mengalir menuju sel darah ketika butuh pasokan energi. Ketika itu tidak terjadi, maka akan terjadi peningkatan gula pada darah yang akan menghasilkan ketones yang menyebabkan bau buah tersebut.

3. Nafas anda seperti susu basi
Nafas susu basi menunjukan seseorang terkena intoleransi laktosa yang biasanya ditunjukan dengan gejala seperti diare, keram-keram, dan suka buang angin.

4. Nafas anda seperti popok bayi
Ini menandakan anda memiliki batu amandel. Bakteri dan ampas tersangkut pada amandel dan menciptakan batu amandel.

5. Nafas anda bau busuk
Bau busuk pada nafas menandakan bahwa seseorang memiliki masalah dengan lambung yang berkaitan dengan pneumonia hingga kanker.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top