Britania Raya Puji Desa Atlet Rio 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Sport

Britania Raya Puji Desa Atlet Rio 2016

kota-rio-de-janeiro-Brazil

FAJAR.CO.ID, RIO DE JANEIRO– Pesta akbar olahraga multievent Olimpiade Rio 2016 di Brasil, bakal bergulir mulai Jumat (5/8) nanti. Mayoritas kontingen dari ratusan negara sudah berdatangan ke Rio De Janeiro dan menempati athlete village.

Meski tidak pernah lepas dari sorotan, dihujani kritik, namun tak sedikit juga yang memuji perkampungan atlet yang baru dibuka 29 Juli lalu.

Salah satu kontingen yang tidak terpengaruh dengan berita-berita negatif keadaan di athlete village adalah Britania Raya. Chef de Mission Mark England malah mengumumkan, seluruh atlet Britania Raya akan tinggal di athlete village. ”Semua, tanpa terkecuali,” kata England kepada ESPN.

Itu artinya, bintang-bintang olahraga mereka yang tampil di Olimpiade tidak mendapat hak istimewa tinggal di hotel atau apartemen yang lebih mewah selama Olimpiade berlangsung. Termasuk bintang tenis mereka, Andy Murray, maupun dua golfer andalan Justine Rose dan Danny Willett.

”Andy Murray akan tiba 48 jam dari sekarang. Sementara Justine Rose terbang kemari di tanggal lima. Mereka tinggal di athlete village seperti atlet lain dari berbagai negara,” ujar England.

Dia juga memuji athlete village yang dibangun Brasil. Menurutnya, panitia telah merancangnya dengan begitu indah. Kompleks pengingapan raksasa yang bisa menampung 18 ribu atlet itu menjadi kawasan athlete village terbesar yang pernah dibangun untuk gelaran Olimpiade.

Untuk menyiasati hal-hal detil yang kurang nyaman seperti dikeluhkan kontingen lain, Britania Raya punya cara untuk mengatasinya. England menyatakan telah mengirim tim beberapa minggu lalu untuk membenahi semua fasilitas. Karena itu, ketika para atlet Britania Raya tiba, semua telah tertata rapi. ”Kami ingin membuat atlet seperti di rumah sendiri,” ucapnya.

Kontingen Australia, yang sejak awal paling gencar mengecam athlete village, akhirnya juga mulai tinggal di sana. Masih ada keluhan di sana sini, meski chef de mission mereka Katty Chiller menyebut sudah banyak perbaikan. Bintang NBA Andrew Bogut mengeluarkan cuitan kesal perihal fasilitas kamar miliknya.

Center yang baru pindah ke Dallas Mavericks itu mengeluhkan single bed yang terlampau kecil. Kurang mampu menampung tubuhnya yang berpostur 213 cm. ”Tempat tidur memang bukan sesuatu yang vital untuk tidur. Atlet juga bisa tidur sambil berdiri,” sindirnya. (irr/na/adk/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top