Hanya Dalam Dua Detik Sianida Bisa Membunuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Hanya Dalam Dua Detik Sianida Bisa Membunuh

Ilustrasi Bunuh Diri Minum Racun

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ahli forensik Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, dr Slamet Purnomo hadir di sidang kesepuluh kasus kopi beracun yang menyebabkan kematian Wayan Mirna Salihin.

Slamet menyebutkan, Mirna yang mengebaskan tangannya ke mulut karena merasa mulutnya panas adalah ciri-ciri seseorang keracunan sianida. Itu seusai meminum es kopi Vietnam di Kafe Olivier, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 6 Januari 2016 lalu.

Pasalnya, tak lama usai mengebaskan kedua tangan ke mulutnya karena panas usai meminum kopi itu, Mirna pun dari keterangan saksi sebelumnya dikatakan langsung bersendar (ke kursi), dan tak lama kemudian tak sadarkan diri.

Namun, dia tidak mengatakan Mirna tewas karena sianida. Karena yang tahu akan hal itu adalah seorang ahli toksikologi.

“Tanda-tanda dari orang menenggak sianida, gibas-gibas mulutnya panas itu betul. Kemudian orang itu akan tarik napas tapi kejang. Sianida itu menyebabkan oksigen yang ada dalam darah tidak bisa diserap tubuh,” ujarnya dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (3/8).

Slamet melanjutkan, sianida menyerang organ-organ penting yang ada di bagian tubuh, misalnya seperti paru-paru, jantung, juga otak.

“Terutama otak. Otak butuh banyak sekali darah. Otak akan mengalami impuls tidak teratur, hingga akan mengalami kejang-kejang, sesak napas, terakhir jantung, koma atau tak sadar,” sambungnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, racun sianida cuma butuh waktu 1-2 detik untuk membunuh seseorang yang menenggaknya. “Sangat cepat sekali itu gelaja sianida langsung bekerja. Hitungannnya detik, serbuk atau tidak, 1-2 detik langsug larut, paling lama 5 detik,” tutupnya. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top