KPK Telusuri Rekam Jejak Pengganti Nurhadi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

KPK Telusuri Rekam Jejak Pengganti Nurhadi

La Ode Syarif

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap membantu Mahkamah Agung (MA) yang akan melakukan seleksi terbuka memilih pengganti Nurhadi Abdurrachman sebagai Sekretaris MA. 

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, KPK siap memberikan dukungan. Salah satunya ialah dengan melakukan penelusuran harta kekayaan calon sekretaris. 

“Misalnya penelusuran LHKPN hingga rekam jejak,” kata Syarif, Rabu (3/8). 

Selama ini, kata dia, koordinasi antara KPK dan MA berjalan baik. Karenanya, KPK siap membantu agar yang dipilih sebagai Sekretaris MA memiliki integritas dan kompetensi yang baik. Sehingga reformasi di tubuh MA bisa dilakukan dengan baik dan bersama-sama. 

Sebelumnya Juru Bicara MA Hakim Agung Suhadi mengatakan lembaganya akan melakukan seleksi terbuka untuk memilih pengganti Nurhadi. 

Namun, saat ini surat keputusan resmi dari Presiden Joko Widodo yang menyetujui pengunduran diri Nurhadi belum diterima MA.

Nurhadi mengundurkan diri sebagai Sekretaris MA maupun pegawai negeri sipil. Presiden Joko Widodo dikabarkan sudah setuju. 

Nama Nurhadi menjadi perbincangan ketika KPK menangkap Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Edy Nasution karena diduga menerima suap dari pengusaha Doddy Aryanto Supeno. 

Rumah dan kantor Nurhadi digeledah. Penyidik menemukan uang Rp 1,7 miliar. Nurhadi juga dicegah bepergian ke luar negeri. Namun sampai saat ini statusnya masih saksi. (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top