Menteri Bambang Sebut Aksi Teror Ganggu Pariwisata Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Menteri Bambang Sebut Aksi Teror Ganggu Pariwisata Indonesia

Bambang-Brodjonegoro

Menteri Perencanaan Pem­bangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menilai, sejumlah aksi teror di berbagai negara telah memberikan pengaruh besar terhadap laju pertumbuhan ekonomi dunia.

Dia yakin, masalah tersebut menjadi salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi global sulit terkerek di atas 3 persen.

“Ketegangan geopolitik menimbulkan kekhawatiran dalam ekonomi global. Ekonomi global diperkirakan tumbuh 3,1 persen, tetapi karena ada persoalan itu, hanya bisa tumbuh 2,9 persen,” ujar Bambang di Jakarta, ke­marin.

Bambang melihat, ancaman teroris dunia telah memberikan pengaruh negatif pada upaya Indonesia menjadi sektor pari­wisata sebagai salah satu motor untuk mendongkrak pertumbu­han ekonomi.

Oleh sebab itu, Bambang men­gajak seluruh stakeholders untuk mewaspadai ancaman terorisme. Jika tidak, maka upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata akan semakin sulit dicapai.

Bambang yakin sektor pari­wisata bisa diandalkan untuk menggerakan perekonomian. Misalnya, Prancis, negara ini bisa mendatangkan 80 juta wisatawan mancanegara. Selain itu, Turki bisa menarik 30 juta wisatawan.

“Kita belajar dari Prancis dan Turki, karena ada aksi terorisme, pariwisata mereka langsung terpukul. Kita harus jaga, karena kita bisa datangkan 10 juta wisatawan saja susah payah. Jangan disepelekan,” imbuhnya.

Bambang berharap, kepada negara Islam yang kini sedang mengikuti Forum Ekonomi Dunia Islam di Jakarta, dapat menjalin kerja sama di sektor keamanan.

Sekadar informasi, pada awal tahun, IMF semula memproyeksi pertumbuhan global 3,4 persen di 2016 dan 3,6 persen di 2017. Namun demikoan, lembaga keuangan tersebut merevisi target tersebut menjadi 3,1 persen.  ***

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top