Ahok Ajukan Judicial Review, Arteria: Jangan Buat Aturan Sendiri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Ahok Ajukan Judicial Review, Arteria: Jangan Buat Aturan Sendiri

228150_wakil-gubernur-dki-jakarta-basuki-tjahaja-purnama-ahok-_663_382

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi II DPR Arteria Dahlan mengimbau agar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak usah membuat polemik dengan melakukan gugatan pasal 70 ayat 3 di UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada ke Mahkamah Konstitusi.

Pasal tersebut berbunyi, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus memenuhi ketentuan: menjalani cuti di luar tanggungan negara dan dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

Ahok yang akan maju di Pilgub DKI 2017 mengaku ogah cuti lantaran igin mengawal pembahasan RAPBD DKI 2017.

“Jangan buat polemik untuk JR (judicial riview) undang-undang. Saya pikir ini (maju di Pilgub) kan pilihan dan jangan perppu kemarin dijadikan alasan. Kok paranoid amat ya sehingga APBD harus dia yang kawal sendiri,” ujarnya kepada JawaPos.com, Kamis (4/8).

Ahok yang merupakan mantan anggota komisi II DPR menurut Arteria seharusnya paham, peraturan yang telah disepakati parlemen bersama pemerintah yang menganjurkan cuti pada masa kampanye itu demi mewujudkan demokrasi yang sehat dan pilkada yang bermartabat.

Aturan yang dibuat itu khusus mencegah penyalahgunaan kekuasaa  petahana dalam Pilkada. Namun, dimaknai berbeda oleh Ahok. “Saya ingin sampaikan, publik sudah enek lihat kelakuannya (Ahok). Jangan ditambah lagi mau buat aturan sendiri,” ketusnya.

Sebagai gubernur, Arteria memandang seharusnya Ahok paham bahwa ia memiliki sumpah jabatan untuk melaksanakan undang-undang bukan dengan melakukan JR ke MK.

“Lucu pejabat JR undang-undang tapi makan gaji dan tunjangan dari APBD. Dimana etika dan moralnya?” pungkasnya. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top