Guru yang Cubit Siswa Dihukum Tiga Bulan Penjara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Guru yang Cubit Siswa Dihukum Tiga Bulan Penjara

Samhudi

FAJAR.CO.ID, SIDOARJO – Gara-gara cubit siswa, guru SMP, Mochammad Samhudi (46) divonis tiga bulan penjara di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (4/8/2016).
Vonis tersebut lebih ringan dibanding tuntuan jaksa penuntut umum (JPU) 6 bulan penjara.

“Terdakwa (Samhudi) kami nyatakan bersalah,” ujar Ketua Majelis Hakim Rini Sesuni Rini saat membacakan amar putusan.

Hakim menjatuhkan hukuman tiga bulan penjara kepada Samhudi dengan masa percobaan enam bulan. Namun, hakim menegaskan, Samhudi tidak perlu menjalani hukuman penjara.

“Karena keprofesian terdakwa masih diperlukan serta adanya itikad baik perdamaian antara kedua belak pihak, hukuman tersebut tidak perlu dijalani,” tambah Rini.

Seperti diberitakan, Samhudi dilaporkan ke polisi karena mencubit siswanya berinisial Sy lantaran tidak mengikuti kegiatan salat Dhuha yang merupakan kebijakan sekolah. Salat Dhuha diwajibkan kepada siswa beragama Islam untuk menumbuhkan sikap bertaqwa kepada siswa.

Selain Sy, beberapa siswa yang mangkir dari salat Dhuha juga dihukum dengan cara mencubitnya. Namun, hanya orang tua Sy yang melaporkan Samhudi ke polisi.

Dalam persidangan, jaksa mengungkapkan bahwa kekerasan bermula ketika terdakwa menyuruh korban membuka baju dan sepatu karena tidak mengikuti salat Dhuha.

Samhudi lantas menyuruh korban mengalungkan sepatu di leher. Selanjutnya, Samhudi mencubit dan memukul punggung korban dua kali.

Tak terima, orang tua korban melaporkan Samhudi ke polisi pada 8 Februari 2016. Orang tua korban menuding Samhudi melakukan kekerasan fisik kepada anaknya.

Samhudi didakwa melanggar Undang Undang Perlindungan Anak Nomor 35 tahun 204 perubahan terhadap UU Nomor 23 tahun 2002 dengan ancaman kurungan penjara enam bulan, masa percobaan satu tahun, dan denda Rp 500 ribu subsider dua bulan penjara. (one/pojoksatu)

BACA:  Reshuffle Kabinet Ajang Pertarungan Dua Kubu
loading...
Click to comment
banner advertise
To Top