Makin Banyak Turis Tiongkok ke Bali – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Makin Banyak Turis Tiongkok ke Bali

Wisatawan mancanegara berada di kawasan wisata Pantai Kuta, Badung, Bali, Kamis (25/2). Pemerintah Australia melalui Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan mengeluarkan peringatan perjalanan (travel advisory) bagi warga Australia yang berada atau akan pergi ke wilayah Indonesia seperti Jakarta, Bali dan Lombok untuk mewaspadai kemungkinan serangan terorisme. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc/16.

FAJAR.CO.ID, BADUNG – Wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok kini membanjiri Bali. Bahkan kini jumlah turis asal Tiongkok yang berwisata ke Bali lebih banyak ketimbang wisman dari Eropa.

Menurut‎ Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bali, Agung Gede Putra Yuniarta‎, saat ini tren kunjungan wisman ke Bali didominasi turis Tiongkok. Padahal, sebelumnya angka wisman ke Bali   didominasi turis Eropa dan Australia

“Ini ada pergeseran dari wisatawan Australia dan Eropa ke Tiongkok. Kalau sebelumnya, Australia dan Eropa mendominasi. Namun pasca-Imlek, turis Tiongkok yang paling banyak,” ujar Agung di sela-sela acara pelatihan dasar kepariwisataan di Badung, Bali, Kamis (4/8)

Hanya saja, kata Agung, dampak membanjirnya turis Tiongkok kurang dirasakan masyarakat Bali. Sebab, turis Tiongkok lebih suka membawa guide dari luar Bali seperti Jawa.

Padahal, katanya, di Bali ada 9000 guide. Namun, kebanyakan kurang menguasai bahasa Mandarin.

“Mungkin karena guide Bali kurang fasih bahasa Mandarin makanya mereka tidak pakai guide kami. Tapi ini jadi dorongan bagi masyarakat Bali untuk belajar bahasa Mandarin,” tuturnya. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top