Operasi Amandel dan Usus Buntu Mempengaruhi Kesuburan Wanita – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Operasi Amandel dan Usus Buntu Mempengaruhi Kesuburan Wanita

IMG_4871
Foto: Neufmois

FAJAR.CO.ID – Menurut sebuah studi, wanita yang pernah melakukan operasi amandel dan usus buntu cenderung lebih mudah untuk hamil dibandingkan kebanyakan wanita lain yang tidak pernah menjalankan operasi keduanya.

Temuan studi yang dilakukan para peneliti dari University of Dundee, Skotlandia itu berdasarkan analisa catatan medis dari lebih dari 500 ribu wanita Inggris.

Dalam catatan tersebut ditulis bahwa tingkat keberhasilan seseorang untuk hamil usai pengangkatan usus buntu dan amandel adalah sebesar 53. 4 persen. Sementara di antara mereka yang pernah mengangkat keduanya dapat meningkatkan prosentase kehamilan sebesar sebesar 59, 7 persen

Menanggapi hasil studi tersebuti, profesor Allan Pacey dari University of Sheffield, Inggris,  melihatnya sebaga hal yang perlu diwaspadai, khawatir temuan tersebut akan memicu wanita dengan masalah kesuburan untuk melakukan operasi pengangkatan organ tersebut.

Menurut dia, kehamilan seseorang tidak hanya disebabkan satu faktor, melainkan ada faktor lainnya seperti usia dan gaya hidup. Kendati dirinya mengakui ada sisi lain yang dapat dimanfaatkan dunia medis dari temuan tersebut.

“Jika hal itu benar, maka akan membuka pintu bagi para dokter dan ilmuwan untuk ide baru obat-obatan yang mampu mendorong kesuburan wanita,” kata Pacey seperti dikutip dari Independent.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top