Soal Kasus Haris Azhar, Mabes Polri Tak Terima Disebut Antikritik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Soal Kasus Haris Azhar, Mabes Polri Tak Terima Disebut Antikritik

Haris Azhar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mabes Polri dinilai antikritik setelah melaporkan Koordinator KontraS, Haris Azhar karena mengekspos testimoni tereksekusi mati, Freddy Budiman.

Namun, Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Martinus Sitompul membantahnya. Menurut dia, semua orang bebas berekspresi terkait aspirasinya. Namun, aspirasi tersebut harus berlandaskan fakta dan barang bukti.

“Kami tidak (antikritik). Tapi jangan bangun persepsi yang tidak didasari fakta. Kalau bangun persepsi, lalu jadi satu kebenaran akan memberikan pelajaran yang kurang baik. Kami (yang dirugikan) perlu tahu faktanya bagaimana,” kata Martinus di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8).

Di sisi lain, kata Martinus, pihaknya ingin yang menyebarkan tulisan itu, yakni Haris untuk membuktikan apa yang sudah dieksposnya. 

Itulah sebabnya, nama-nama institusi yang dalam tulisan dirugikan, seperti Polri, TNI, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) menempuh jalur hukum.

“Salah satu yang dilakukan proses penegakan hukum. Kami bukan antikritik. Tapi kritik yang tidak berdasar itu jangan diberikan seperti itu. Kan tidak memberi pelajaran yang baik,” ujar dia.

Padahal, hubungan Polri dengan KontraS, terkhususnya Haris, sebelum kasus ini mencuat, sangat baik. Sehingga, seharusnya informasi Freddy tersebut diberikan saat dia masih hidup, agar prosesnya bisa langsung mengerucut kepada oknum-oknum yang terlibat dalam peredaran narkoba.

“Saudara HA (Haris Azhar) kan banyak kenalan. Kenapa tidak diomongin. Kan nanti bisa ditindaklanjuti,” tandas Martinus. (Mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top