Terbukti Terima Suap, Pejabat MA Dituntut 13 Tahun Penjara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Terbukti Terima Suap, Pejabat MA Dituntut 13 Tahun Penjara

205033_841747_KPK_baru_jpnn

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK baru saja menuntut Kasubdit Perdata Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Perdata Mahkamah Agung, Andri Tristianto Sutrisna‎ dengan hukuman pidana penjara selama 13 tahun.

Andri pun mengaku pasrah dengan tuntutan hukuman dari jaksa dalam kasus suap dan penerimaan gratifikasi terkait pengurusan perkara di MA. “Kita serahkan aja pada Tuhan, deh. Saya pasrah, sepasrah-pasrahnya aja‎,” kata Andri usai menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (4/8).

Sidang Andri akan dilanjutkan pada 18 Agustus 2016 mendatang. Sidang minggu depan itu beragenda pembacaan nota pembelaan (pledoi) dari pihak terdakwa. Namun, Andri belum mau membeberkan materi yang akan disampaikan dalam pledoinya.

“Nanti dari pengacara saya yang bikin pembelaan, ya,” ujar Andri.

JPU menuntut majelis hakim Pengadilan Tipikor agar menjatuhkan hukuman kepada Andri berupa pidana penjara selama 13 tahun. Selain itu, Andri diminta membayar denda sebesar Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Andri dinilai terbukti melanggar Pasal 12 huruf a dan Pasal 12 huruf B UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Jaksa menganggap Andri Tristianto Sutrisna menerima suap dari Direktur PT Citra Gading Asritama, Ichsan Suaidi sebesar Rp 400 juta. Uang itu diberikan melalui pengacara Ichsan, Awang Lazuardi Embat.

Tujuannya, agar Ichsan Suadi selaku terdakwa korupsi pembangunan dermaga Labuhan Haji Lombok Timur tidak segera dieksekusi jaksa. Serta, untuk mempersiapkan memori Peninjauan Kembali (PK).

Selain itu, Andri juga dinilai menerima gratifikasi atau hadiah berupa uang sebesar Rp 500 juta dari pengacara Asep Ruhiat. Gratifikasi itu diberikan terkait pengurusan sejumlah perkara di MA. (put/jpg)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top