Nah Loh! Pemilik 2 Kg Sabu Divonis Bebas dari Hukuman Mati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Nah Loh! Pemilik 2 Kg Sabu Divonis Bebas dari Hukuman Mati

ILUSTRASI-KETOK-PALU

FAJAR.CO.ID, TANJUNG SELOR – Arman Suyuti alias Bang Toyib dinyatakan bebas dari jeratan hukuman mati melalui sidang vonis di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Selor, Kamis kemarin (4/8).

Arman merupakan tersangka pemilik narkotika jenis sabu-sabu seberat dua kilogram. Keputusan tersebut ditetapkan Hakim Ketua Sandi Muhamad Al Ayubi yang merupakan pimpinan sidang.

Itu berdasarkan atas kesepakatan bersama dengan dua hakim pendamping yakni Risdianto dan Indra Cahyadi setelah membacakan hasil sidang yang disimpulkan dari sidang-sidang sebelumnya.

“Dalam hal ini, Pengadilan Negeri Tanjung Selor tidak memiliki kewenangan untuk mengadili perkara terdakwa ini. Jadi, setelah persidangan ini selesai, terdakwa dapat segera dikeluarkan dari ruang tahanan negara,” sebut Sandi.

Menyikapi putusan hakim tersebut, Kepala Kejari Bulungan Gunawan Wibisono mengatakan, pihaknya merasa kebingungan. Sebab, secara normatif, apa yang menjadi substansi putusaan PN Tanjung Selor itu sifatnya penetapan.

“Tapi, di dalam penjelasannya, tidak ada sama sekali ada didengarkan apakah si terdakwa Arman Suyuti dibebaskan atau terbukti bersalah? Tidak adakan? Yang ada itu hanya mengembalikan berkas perkara,” ujar Gunawan.

Sebenarnya, kata dia, substansi dari putusan ini merupakan penetapan. Tapi, karena sudah merupakan putusan, maka pihaknya akan mengambil sikap upaya hukum berupa banding.

“Kecuali yang sifatnya penetapan, jika seperti itu, kami akan melakukan perlawanan hukum yang sifatnya perlawanan,” tegasnya. (iwk/keg)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top