Hii.. Sudah 2 Kali Ditemukan Ikan Duyung pada Hari Jumat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Daerah

Hii.. Sudah 2 Kali Ditemukan Ikan Duyung pada Hari Jumat

PATUT DICONTOH: Kabid Kelautan DKP Sulteng, Yunber Bamba (kanan) dan staf BKSDA Sulteng serta sejumlah nelayan melepas kembali ikan dugong (duyung) ke habitatnya di Sirenja, Selasa (1/12)

FAJAR.CO.ID, PALU – Seekor ikan duyung warna coklat berukuran jumbo ditemukan seorang pemancing di Teluk Palu di sekitaran Pantai Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat kemarin (5/8).

Pemancing yang diketahui bernama Asap itu, merupakan warga Jalan Hangtua, Kecamatan Mantikulore. 

Penemuan ikan yang terbilang langka itu sekitar pukul 14.20 Wita. Menurut Asap, sebelumnya dia sudah pernah menemukan ikan duyung dengan warna yang sama, tapi ukuran berbeda. Sebelumnya, ukurannya agak besar pernah dia lihat di sekitar penemuannya kemarin.

“Minggu lalu, lebih besar daripada ikan duyung yang ini. Ukurannya lebih besar, dan lebih panjang dari ikan duyung kali ini,” ungkap Asap, menjawab pertanyaan seorang pengendara yang singgah melihat ikan duyung tersebut kemarin.

Suasana di tempat penemuan ikan duyung tersebut, akhirnya sempat macet. Sebab beberapa pengendara yang melintas di sekitaran Penggaraman Talise, terpaksa menghentikan kendaraannya karena penasaran. Mereka juga ingin melihat ikan duyung yang terdampar di sekitaran bekas keramba ikan. 

Untuk bisa melihat dengan jelas ikan duyung, warga harus berjalan kaki menuju keramba bekas. Jaraknya dari bibir pantai sekitar 200 meter.

“Yang mengherankan, setiap saya dapat ikan duyung seperti ini, bertepatan hari Jumat siang jelang sore. Begitu juga minggu lalu, juga hari Jumat, saya temukan ikan duyungnya,” jelas Asap sambil mengelus kepala ikan duyung itu. Dia tidak mau menduga-duga, terkait penemuan ikan langka itu yang selalu di hari Jumat.

Namun, ketika Asap hendak mengangkat kepala ikan duyung itu, tiba-tiba ikannya langsung mengamuk dengan menggerakkan ekornya. Pakaian Asap dan para pengunjung lainnya basah kuyup karena terkena percikan air laut akibat amukan ikan duyung. 

“Mungkin malu, merasa banyak warga yang melihat dirinya. Saat itu bertepatan air laut mulai pasang (naik). Begitu banyak orang datang, ikan duyung itu pun langsung pergi meninggalkan para pengunjung yang terlebih dahulu melakukan foto selfie bersama ikan duyungnya,”sebut Asap.

“Kira-kira ukurannya sekitar 3 meteran. Beratnya mencapai ratusan kilogram (Kg) begitu. Jumat depan, nanti kami pantau ulang lagi. Siapa tahu ada lagi ikan duyung terdampar di sini (Pantai Talise),” kata Asap sambil bercanda dengan pengunjung lainnya. (fcb/sam/jpnn)

BACA:  Unik, Begini Tardisi Tangkap Ikan Pakai Api di Taiwan
loading...
Click to comment
banner advertise
To Top