Keren.. Inilah Atlet Perempuan Amerika Pertama yang Berhijab di Olimpiade – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Sport

Keren.. Inilah Atlet Perempuan Amerika Pertama yang Berhijab di Olimpiade

ibtihaj-muhammad-312jw4syqri8ql75xgirk0

FAJAR.CO.ID, BRASIL– Ada sedikit berbeda dari kontingen Amerikan Serikat dalam Olimpiade Rio 2016 Brasil kali ini. Ternyata, dari ratusan atlet yang dikirim ke Brasil, ada seorang perempuan berhijab.

Ia adalah Ibithaj Muhammad. Perempuan yang lahir dan besar di New York, Amerika Serikat. Istimewanya, ia adalah atlet yang akan membawa bendera Amerika dalam opening cermony dini hari nanti di Stadion Maracana, Rio de Jenerio, berdampingan dengan atlet renang peraih emas terbanyak Michael Phelps.

Dalam kontingen AS, Ibithaj terdaftar sebagai atlet yang akan berlaga di cabor hangar dan sudah tergabung sebagai anggota tim hangar AS sejak 2010 lalu.

Prestasinya pun cukup menterang dengan menduduki peringkat kedua di AS dan ke-8 di dunia. Ditambah 5 medali yang salah satunya ia sumbangkan kala AS memenangkan kejuaran dunia hangar beregu 2014 lalu.

Meski mengakui masih ada pandangan miring dengan hijab yang ia kenakan, hal itu tidak mengecilkan niat Ibithaj untuk membuktikan kepad publik bahwa muslim bukan ancaman dan sebuah kejahatan.

Dengan keikutsertaannya sebagai salah satu atlet AS di Olimpiade Rio 2016 Brasil kali ini, ia pun yakin pandangan miring dan penilaian salah tentang Islam bisa berkurang.

“Saya ingin mereka tahu (tindakan rasisime) yang mereka lakukan sangat membuat tidak nyaman. Saya merasa heran kenapa setiap tindakan kejahatan yang dilakukan selalu menyeret kami,” tegas dia dalam wawancara sebuah televisi. (ruh/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top