Fakta Mencengangkan di Balik Konsumsi Air Minum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Fakta Mencengangkan di Balik Konsumsi Air Minum

78619393-800
foto: google image

FAJAR.CO.ID – Berdasarkan fakta yang ada, dua pertiga tubuh manusia terdiri dari air, jadi jelas, mengkonsumsi air minum penting bagi kesehatan manusia itu sendiri. Bahkan menurut studi baru, dengan meningkatkan konsumsi air minum, kita dapat mengendalikan berat badan dan mengurangi asupan gula, sodium hingga lemak tak jenuh.

Berdasarkan data dari 18.300 sampel yang terdiri dari orang dewasa milik National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) 2005-2012, studi yang dirilis pada Journal of Human Nutrition and Dietetics ditemukan beberapa fakta.

Dalam temuan itu disebutkan bahwa mereka yang menaikan konsumsi air minum hariannya menjadi antara satu hingga tiga gelas per hari mampu mengurangi asupan energi sekitar 68-205 kalori serta asupan sodium antara 78-235 gram per harinya.

Tidak hanya itu, seperti dilansir Medical News Today, pada mereka yang menambahkan jumlah konsumsi air minum hariannya juga ditemukan berkurangnya asupan gula sebesar 5-18 gram gula juga menurunnya kadar kolesterol antara 7-17 gram per harinya.

BACA:  Badrodin: Sebagai Prajurit, Kita Siap

“Temuan ini mengindikasikan kemungkinan terhadap adanya sebuah desain tentang bagaimana menghadirkan intervensi terhadap nutrisi universal dan kampanye edukasi yang memperkenalkan konsumsi air minum sebagai pengganti makanan berkalori,” kata Prof. An.

Konklusi dari penelitian itu sendiri bertujuan untuk mempromosikan manfaat dari asupan air minum terhadap kesehatan massa dalam mengurangi konsumsi asupan energi dan nutrien tertentu pada orang dewasa.

Adapun beberapa manfaat meminum air yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Menjaga suhu tubuh dalam keadaan seimbang
2. Menjaga kerja persendian agar tidak reot
3. Melindungi spinal chord atau sumsum tulang belakang
4. Membersihkan limbah makanan dan minuman melalui urinasi, perpirasi dan proses buang air besar.

(makruf/fajar)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top