Gaya Pimpinan Jokowi Dinilai Paling Boros Anggaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Politik

Gaya Pimpinan Jokowi Dinilai Paling Boros Anggaran

jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Presiden Joko Widodo dinilai boros dalam menggunakan anggaran negara. Hal itu diungkapkan pengamat ekonomi Faisal Basri dalam diskusi bertajuk Perubahan Atas APBN Perubahan di Jakarta Pusat, Sabtu (6/8).

Menurut dia, presiden terlalu banyak melakukan perjalanan dinas yang tidak perlu. Sehingga dapat mengurangi efisiensi penggunaan anggaran negara.

“Tentang efisiensi, paling banyak perjalanan dinas kan presiden. Proyek jalan tol Sumatera saja sudah enam kali presiden meninjau,” ujarnya.

Basri berharap agar Jokowi memberikan contoh terlebih dahulu ketika menyetujui pemangkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016.

“Harapan saya presiden lah yang memberikan contoh lebih dulu,” imbuh ekonom tersebut.

Lebih lanjut Basri mengatakan, jika kehadiran Jokowi secara fisik dianggap sebagai wujud kehadiran kepala negara, pemikiran seperti itu dinilainya kurang tepat.

Seorang presiden, katanya, harus mengontrol istana. Artinya, mengawasi secara lebih luas dan menyeluruh. Untuk itu, yang mesti dimaksimalkan Jokowi adalah berjalannya sistem pemerintah.

“Kalau dengan kehadiran presiden secara fisik sebagai justifikasi kehadiran kepala negara, berarti sistem tidak jalan. Dia itu harus mengontrol situasi dari istana. Perjalanan dinas Jokowi lebih banyak dari Presiden Gus Dur,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam waktu dekat Menteri Keuangan Sri Mulyani memutuskan untuk memangkas Rp 133 triliun anggaran pemerintah pusat dan transfer daerah pada APBN-P 2016.

Namun, pemangkasan anggaran itu dilakukan pada program-program yang tidak produktif. Misalnya, biaya perjalanan dinas dan dana operasional. Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur, nilai anggarannya dikatakan tidak akan dipangkas. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top