Kemenko Maritim Percepat Wakatobi Jadi Destinasi Khusus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Kemenko Maritim Percepat Wakatobi Jadi Destinasi Khusus

wisata-pulau-siladen-manado
FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kepulauan Wakatobi menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata khusus yang telah dicanangkan Menko Maritim lama, Rizal Ramli. Program itu terus berlanjut, dan kini persiapan Kepulauan Wakatobi akan segera dikebut.

Wakatobi pun kini dipersiapkan untuk menjadi New Bali.

Deputi II Kemenko Maritim Bidang Sumber Daya dan Jasa, Agung Kuswandono, mengatakan pemerintah pusat dan Pemda Wakatobi tengah mengkonkretkan percepatan pembangunan Wakatobi.

Agung mengkoreksi, selama ini, pemerintah tidak fokus dalam membangun kawasaan wisata. Padahal lokasi wisata di Indonesia berjumlah ratusan, namun hanya Pulau Bali yang berkembang dengan maksimal.

“Itu makanya kita sekarang datang (ke Wakatobi), lihat potensi disini. Potensinya sangat besar tapi belum tersentuh,” ujar Agung di Pulau Tomia, Minggu, (7/8).

“Jadi disini masuk potensi pariwisata bidang kelautan, karena lautnya bagus, dasarnya indah, tempatnya sudah kita siapkan semua infrastruktur kita dorong untuk bangun disini. Listrik, air, transpotasi udara dan seterusnya. Kita harapkan Wakatobi bisa bangkit,” imbuh dia.

Sejauh ini pemerintah telah melakukan pengumpulan data dan berbicara dengan pemerintah daerah Wakatobi. Persoalan yang dihadapi di wilayah ini adalah akses yang sulit, lantaran transportasi yang masih kurang. Penerbangan menuju Wakatobi via udara masih sangat minim, sehingga turis harus menyesuaikan dengan jadwal penerbangan yang sedikit.

Pembangunan resort di Wakatobi juga masih terkesan asal-asalan karena belum ada peraturan yang ketat bagi investor.

“Kita bikin grand designnya agar nanti investor harus ikut grand design itu, tidak datang sendiri bangun sendiri, karena kalau tidak jadinya berantakan,” tegas Agung. [rus/rmol]

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top