Keren.. Nelayan di Wakatobi Gunakan Konverter Kit BBM ke Gas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Daerah

Keren.. Nelayan di Wakatobi Gunakan Konverter Kit BBM ke Gas

Nelayan

FAJAR.CO.ID, SULTRA- Para nelayan di Kepulauan Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara kini bisa menikmati konverter kit dari BBM ke gas karya Amin Ben Gas (ABG). Konverter kit ini sudah bisa digunakan oleh para nelayan di perairan Sulawesi ini, untuk lebih hemat pengeluaran dalam melaut.

Sebelumnya, konverter kit lebih populer di Kalimantan Barat, tempat asal Amin Ben Gas. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman kemudian mengkampanyekan konverter kit ini untuk digunakan kepada nelayan se Indonesia. Penggunaan konverter kit ini memang sangat efesien. Tabung gas elpiji 3 kilogram bisa sebanding dengan bensin 10 liter.

Amin pun hadir langsung di Wangi-Wangi, Wakatobi, untuk mengkampanyekan konverter kit ciptaannya ini.

“Nelayan disini sangat antusias. Saya tidak jual konverter ini, saya tak mungkin berdagang, kita mengharapkan pemerintah bagikan ini ke nelayan-nelayan kecil,” kata Amin di Wangi-Wangi, Minggu (7/8).

Amin memang menginginkan agar pemerintah daerah yang membeli hasil ciptaannya yang telah memperoleh hak paten dan SNI ini, untuk kemudian diberikan kepada nelayan-nelayan kecil.

“Karena ini dari nelayan, oleh nelayan dan untuk nelayan. Kita buat usaha ini sesimple mungkin dan sepraktis mungkin,” ujar Amin yang juga berlatar belakang nelayan ini.

Sementara itu, Bupati Wakatobi Arhawi Ruda sangat mengapresiasi kampanye konverter kit kepada nelayan di Wakatobi. Ditegaskannya, Pemda akan segera menindaklanjuti program ini dan memperkenalkan kepada masyarakat luas. Menurutnya, konverter kit ini akan sangat membantu warga Wakatobi yang 30 persennya berprofesi sebagai nelayan.

“Ini kita pasti akan repot meladeni permintaan nelayan. Kita akan tindaklanjuti dan perkenalkan ke masyarakat kedepan untuk program pengalihan BBM ke gas,” kata dia. [rus]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top