Komposisi Tim Ekonomi Jokowi Sudah Dikuasai Mafia Barkely – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Ekonomi & Bisnis

Komposisi Tim Ekonomi Jokowi Sudah Dikuasai Mafia Barkely

jokowi
FAJAR.CO.ID, JAKART- Tim ekonomi Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla diisi kelompok liberal, seperti Darmin Nasution, Sri Mulyani, Bambang Brodjonegoro.

Demikian disampaikan ekonom senior Kwik Kian Gie dalam diskusi “Arah Pembangunan Ekonomi Nasional, Pandangan Kritis, Perspektif Ideologi Kerakyatakan” di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/8).

Dia menyatakan demikian karena melihat komposisi menteri bidang ekonomi saat ini merupakan kepanjangan tangan dari kelompok pro Barat yang kerap disebut Mafia Barkeley. Menurutnya, Mafia Berkeley ini merujuk pada doktor atau master ekonomi jebolan University of California, Berkeley Amerika Serikat pada tahun 1960-an atas bantuan Ford Foundation.

Kwik menjelaskan mereka sekembalinya dari Amerika Serikat mengajar di Universitas Indonesia baru kemudian masuk pemerintahan. Pemimpin tidak resmi dari kelompok ini ialah Widjojo Nitisastro, yang merupakan arsitek utama perekonomian Orde Baru.

Para anggotanya antara lain Emil Salim (Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup era Orba), Ali Wardhana (Menteri Keuangan dan Menteri Koordinator Ekonomi, Industri, dan Pengawasan era Orba), dan J.B. Soemarlin (Menteri Keuangan era Orba). Nama-nama tersebut, Kwik menyebut, merupakan Mafia Barkeley generasi pertama.

Sementara generasi kedua adalah Sri Mulyani (Menkeu era SBY dan era Jokowi) dan Boediono (mantan Menkeu dan Wapres). Mantan Gubernur Bank Indonesia yang saat ini menjabat Menko Perekonomian Darmin Nasution merupakan generasi ketiga.

Generasi keempat Mafia Barkeley di Indonesia adalah Chatib Basri (Menkeu era SBY) dan Mohammad Ikhsan (Tim Ahli Wakil Presiden saat ini). Sedangkan Kepala Bappenas yang sebelumnya Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro merupakan generasi kelima.

“Jadi saat ini, tim ekonomi Jokowi dikepung penerus Mafia Barkeley. Sehingga sangat kental aroma liberalnya. Dan susah untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan. Cuma memang, saya tidak melihat langsung dalam perumusan tim ekonomi Jokowi itu. Tapi kalau dari nama-nama yang saya sebut tadi adalah penerus dari komplotan Mafia Barkeley,” kata Menteri Koordinator Ekonomi era Pemerintahan Gus Dur ini.

Mafia Barkeley ini, dia menambahkan, bisa dilihat dari perumusan kebijakan-kebijakan ekonominya. Karena itu, sebenarnya, tak harus lulusan University of California, Berkeley atau Universitas Indonesia.

“(Mafia Barkeley) bisa lahir dari paham dan pikiran yang harus sejalan dengan liberalisasi yang bisa merasuki pemerintah lewat parpol ataupun jalur lainnya,” tandas Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional & Ketua Bappenas sesama Pemerintahan Megawati ini. [zu/rmol]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top