Mencium Wangi Bunga di Tomohon International Flower Festival 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Budaya & Pariwisata

Mencium Wangi Bunga di Tomohon International Flower Festival 2016

140936_682146_Tomohon_International_Flower_timeindonesia
Sumber Foto : Google Image

TOMOHON – Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 tinggal hitungan hari. Persisnya, 8-12 Agustus 2016 nanti, kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), bakal bertabur bunga, berhias warna-warni dan beraroma menawan. Anda sudah reservasi tiket menuju salah satu pusat tradisi Minahasa itu? Sudah memesan hotel? Moga-moga saja masih available.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman didampingi Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan menjelaskan persiapan final menjelang Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 kepada media. Walikota yang biasa disapa Eman itu menjelaskan, Run Down TIFF sudah ready. Seperti yang telah direncanakan dengan event utama Tournament of Flower (TOF), aka nada parade 27 kendaraan hias dengan peserta dari berbagai negara, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota serta beberapa perusahan dan perwakilan dari media massa.

“Rangkaian kegiatan ini akan di awali dengan side event Lomba Paduan Suara Pelayan Khusus GMIM dan Lomba Paduan Suara Kebersamaan antar denominasi Agama, Festival Geothermal. Selanjutnya Lomba Lari 10 KM, Pengucapan syukur Se-Kota Tomohon, Tournament of Flowers, Festival Kuliner Pameran (Tourism, Trade, Investment & Floriculture Expo) dan Festival Band Pelajar Tingkat Provinsi Sulut,” bebernya.

Cukup padat, acara yang bakal menyita perhatian warga Sulawesi Utara itu. Secara terpisah, Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung mengatakan, Polda Sulut juga cukup sibuk mengatur traffic yang dari tahun ke tahun selalu penuh sesak dengan lautan mobil dan manusia. ”Dalam lomba lari 10 km nantinya ada anggota Polri yang ikut serta. Kapolda dipastikan akan hadir dalam pelaksanaan Pengucapan Syukur dan TIFF di Kota Tomohon,” ujarnya.

Kapolda juga mengatakan bahwa pihaknya sudah siap lahir batin dengan proses pengamanan untuk even yang gaungnya mendunia itu. ”Kita akan rapatkan barisan dan siapkan pasukan agar nama baik Indonesia dan Sulawesi Utara terjaga dengan baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, jika Anda ingin menyaksikan pawai mobil berhias bunga hidup, Tomohon ini sudah dikenal di mana-mana. Pesona TIFF dijamin tidak membuat Anda menyesal sampai di sana. Pesertanya berasal dari Tiongkok, Australia, New Zealand, Hongkong, Rusia, Amerika, Prancis, Thailand dan Filipina. Karena itu, TIFF pasti seru.

BACA:  Kemenpar Bakal Eksis di Pasifika Festival Auckland

Kebetulan, Juli-Agustus 2016 ini Manado mulai dibanjiri wisman asal Tiongkok. Sampai pertengahan Agustus ini saja diperkirakan sudah 10 ribu wingko –wisatawan tiongkok—yang sudah menginjakkan kaki ke Kawanua, Manado. Ketika mereka menyaksikan penampilan parade bunga dari negerinya, tentu ini membuat suasana lebih seru dan haru.

“Iya, mereka seperti punya supporter, yang didatangkan dari Tiongkok. Ini akan menjadi momentum yang bagus, buat Pariwisata. Event parade bunga di Tomohon itu akan semakin besar gaungnya di Tiongkok,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI di Jakarta.

Menpar Arief sudah bertemu dengan Rusdy Kirana, Bos Lion Group yang sudah mulai terbang di 6 kota di China sejak Juli 2016 lalu. Manado dan Sulawesi Utara akan dijadikan Hub City, untuk menarik wisman dari Asia Pacific, seperti China, Hongkong, Macau, Taiwan, Korea Selatan dan Jepang. “Karena itu, akses melalui udara ini menjadi sangat penting untuk mensukseskan Manado dan Sulut sebagai destinasi wisata potensial,” ungkap Arief Yahya.

Bukan itu saja, persiapan lainnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tomohon juga sudah rutin menggelar road show Tomohon International Flower Festival (TIFF) di beberapa Mall besar di Batam, beberapa waktu lalu. Mengapa promosi digeber di Batam? Dalam road show tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Arnold Poli mengatakan, Kota Batam dipilih sebagai sebagai tempat pelaksanaan road show berdasarkan label Great Batam yang termasuk dalam 3 greaters (Jakarta, Bali dan Batam) oleh Kementerian Pariwisata sebagai barometer kunjungan wisata terbesar di Indonesia.

Wakil Walikota Tomohon, Syerly Sompotan yakin, ini akan menjadi ajang promosi efektif untuk memperkenalkan destinasi wisata lain di sana. Festival ini juga menjadi inspirasi masyarakat untuk mengembangkan usaha ekonomi kreatif dan pariwisata. “TIFF adalah strategi ampuh Pemerintah Kota Tomohon untuk lebih memantapkan image Tomohon sebagai Kota Bunga dan Kota Wisata,” katanya.

Kota Tomohon berada di 22 km dari Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Tanahnya subur, udaranya sejuk, penghasil bunga dan penduduknya ramah. Mari Jo Ka Tomohon. Mencium aroma wangi Pasadenanya Indonesia.(*)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top