Penyelidikan Kasus Haris Ditunda, Gerindra: Ini Tidak Benar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Penyelidikan Kasus Haris Ditunda, Gerindra: Ini Tidak Benar

thumb_532641_10341329012016_Desmond-J-Mahesa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kepolisian melakukan penundaan sementara penyelidikan atas Kasus dugaan pencemaran nama baik institusi Polri, BNN, dan TNI yang diduga dilakukan oleh Koordinator KontraS, Haris Azhar.

Penundaan tersebut dilakukan karena saat ini tim independen yang diketuai oleh Irwasum Komjen Dwi Priyatno dan beranggotakan Hendardi serta Poengky Indrati itu memilih fokus terhadap pembuktian kebenaran ucapan terpidana mati almarhum Freddy Budiman terkait pemberian uang kepada sejumlah petinggi.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa mengatakan, sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) perkara tersebut tak boleh dihentikan.

“Kalau dihentikan ada sesuatu yang tidak diproses dan berarti ini tidak benar,” katanya kepada wartawan, Rabu (10/8).

Sebab sesungguhnya, selain Haris Azhar, masih ada saksi lain yang mendengarkan secara langsung pengakuan Freddy.

“Bagi saya proses polisi tetap harus jalan. Tapi tidak melakukan tindakan hukum dalam konteks penahanan. Sekedar kumpulkan informasi. Karena Haris itu bikin statement ada orang yang dengar sama dengan dia, 4 orang lain. Itu ga harus dihentikan,” ujarnya.

Apalagi, menurutnya, esensi tim independen dibentuk untuk mencari fakta, berbeda dengan kerja kepolisian dalam konteks penegakan hukum.

“Kalau menelusuri dalam konteks apa. Ini konteks penegakan hukum dan menelusuri fakta-fakta kan beda,” imbuhnya.

“Kalau menurut saya jalan dua-duanya yang penting Haris tidak dilakukan penahanan. Karena yang dilakukan Haris itu positif untuk pemberantasan korupsi lebih baik.”

Desmond kemudian menegaskan bahwa pihaknya akan memanggil Haris Azhar dalam waktu dekat ini. [sam]

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top