RS Suyoto Tolak Korban Kecelakan, Irma Chaniago: Jangan Berpikir Materi Melulu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

RS Suyoto Tolak Korban Kecelakan, Irma Chaniago: Jangan Berpikir Materi Melulu

f7adb1c6c6960be4c4af20f5e6ef12af_630x420_thumb

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-  Pihak Rumah Sakit (RS) Suyoto telah melakukan tindakan tidak manusiawi terhadap korban kecelakaan motor di Jalan Deplu Raya, Pesanggrahan Bintaro, Jakarta Selatan, Selasa (9/8) kemarin.

RS Suyoto  menolak memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan motor, hingga korban tersebut meninggal dunia. Mendengar kabar tersebut, anggota Komisi IX DPR Irma Suryani Chaniago geram. “Harusnya RS tidak melulu berpikir soal materi, tapi kemanusiaannya juga harus dikedepankan,” ucapnya, kemarin.

Dia juga usul agar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mem­beri sanksi tegas kepada dokter jaga yang tidak tanggap meno­long korban. Sebab, dalam kode etik kedokteran, seorang dokter wajib memberikan pengobatan terhadap pasien.

“Salah satu alasan IDI meno­lak jadi eksekutor Perppu Kebiri adalah karena tugas dokter mengobati. Tapi, ke­napa ada dokter yang tidak mau menolong dan mengobati seperti itu. Harusnya dokter jaga itu ambil alih tanggung jawab dan beri pertolongan pertama. Jika kemudian perlu dirujuk ke rumah sakit lain, baru boleh. Tidak boleh main tolak begitu saja,” demikian Irma.

Sebuah kecelakaan tunggal sepeda motor bernopol B 6999 VBD terjadi di Jalan Deplu Raya, Pesanggrahan Bintaro, Jakarta Selatan, Selasa dini­hari kemarin. Pengendara yang sekarat kemudian ditolong warga dan dibawa ke RS Suyoto.

Namun, pihak rumah sakit tidak bersedia memberikan pertolongan. Tidak mau berdebat panjang, warga memilih membawa korban ke RSUD Pesanggrahan. Namun, karena parahnya luka, nyawa korban yang belum diketahui identitasnya itu tidak tertolong. (ra/pojoksatu/rmol/Fajar)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top