Menpora Katakan, Sudah Berusaha Maksimal Pertahankan Rio – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Sport

Menpora Katakan, Sudah Berusaha Maksimal Pertahankan Rio

Yah..! Rio Haryanto Terhenti di Lap 18

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengaku sudah berusaha keras untuk mencari dana tambahan Rio Haryanto kepada Manor Racing. Bahkan, mereka menjelaskan secara rinci kronologi awalnya.

Gagalnya Rio meneruskan kiprah di Formula 1 memang karena belum melunasi biaya yang disepakati awal. Rio baru mengumpulkan dana sekitar 7 juta euro dari 15 juta euro yang disepakati.

Kemenpora yang sejak awal mendampingi Rio diklaim gagal membantu mencari tambahan dana. Namun, mereka sudah berusaha keras untuk melunasinya.

Maka itu, Kemenpora menjelaskan secara rinci tentang pencarian dana. Mulai dari mengajukan APBN kepada DPR RI, sampai mengadakan SMS donasi untuk Rio.

Akan tetapi, semuanya ternyata tak berjalan seperti yang diharapkan. Rio, akhirnya gagal meneruskan kiprah di F1. (ies/JPG)

BERIKUT ALASAN MENPORA

Menpora sesungguhnya sudah berusaha membantu mencari tambahan dana untuk Rio Haryanto melalui:

a. Semula akan menggunakan APBN sebesar Rp 100 milyar yang disalurkan melalui KONI, namun kemudian diurungkan karena tidak disetujui oleh Komisi X DPR-RI, meskipun Komisi X DPR-RI sangat senang dan mendukung keikut-sertaan Rio Haryanto di F1 sejauh tidak menggunakan APBN Kemenpora;

BACA:  Rio Haryanto Gagal Finish di F1 GP Australia, Begini Kata Manor Racing?

b. Kemenpora telah mengirimkan surat permohonan kepada 16 Pimpinan BUMN, namun demikian hanya 1 BUMN yang merespon positif, yaitu PT Garuda Indonesia dalam bentuk bantuan tiket. Tanpa mengurangi rasa apresiasi pada PT Garuda Indonesia, bantuan tersebut tidak bisa digunakan oleh tim Rio Haryanto, karena yang dibutuhkan adalah uang dana segar dalam jumlah yang signifikan;

c. Sesuai dengan saran Komisi X DPR-RI, kami telah melakukan koordinasi dengan Menteri Pariwisata, dan akhirnya memperoleh komitmen dana sebesar Rp 5 milyar untuk Rio Haryanto;

d. Pada pertengahan bulan April hingga Mei 2016 juga telah dilakukan pengumpulan dana dari sharing sejumlah pejabat Kemenpora secara sukarela dan terkumpul sekitar hampr Rp 300 juta, serta dari SMS DONASI for Rio yang bekerjasama dengan Kemkominfo dan 5 penyelenggara telekomunikasi seluler dan terkumpul lebih dari Rp 250 juta, yang kesemuanya itu langsung ditransfer ke rekening tim managemen Rio Haryanto;

e. Kemenpora sesungguhnya juga sudah melakukan pendekatan dengan suatu BUMN Perbankan saat menjelang bulan Puasa, namun sejauh ini belum ada respon positif.

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top