Nasib OC Kaligis harus Jadi Contoh Buat Para Pengacara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Hukum

Nasib OC Kaligis harus Jadi Contoh Buat Para Pengacara

OC Kaligis

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Hukuman 10 tahun penjara terhadap pengacara senior OC Kaligis harus jadi peringatan bagi semua advokat agar tidak melakukan praktik suap untuk memenangkan klien yang disedang dibela.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Laode M. Syarif atas putusan Mahkamah Agung yang menolak kasasi OC Kaligis. Selain kasasi ditolak, vonis terhdadap terdakwa kasus suap PTUN Medan itu juga diperberat menjadi 10 tahun.

Menurut Syarif, OC Kaligis merupakan penegak hukum sehingga langkah yang dilakukan semestinya memberikan contoh kepada advokat lainnya serta tak bermain-main dengan hukum saat membela kliennya.

“Jadi harus berikan contoh kepada yang lain. Sehingga diharapkan dengan adanya keputusan ini juga bisa lebih hati-hati bagi pengacara dan advokat,” ujar Syarif di kantornya, jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (11/8).

Selain OC Kaligis, saat ini ada sejumlah pengacara yang terjerat kasus yang hampir serupa sedang ditangani KPK. Yaitu, Jamil Berthanathalia R Kariman, Kasman Sangaji serta Awang Lazuardi Embat.

Berthanatalia merupakan pengacara Saipul Jamil yang diciduk KPK setelah memberikan uang suap kepada Rohadi pada Rabu 15 Juni 2016 lalu. Selain Bertha KPK juga menciduk Kasman Sangaji setelah mengamankan Bertha.

Rohadi diduga menerima suap sebesar Rp 250 juta dari pihak Saipul. Adapun tujuan uang pelicin itu diberikan agar memuluskan keinginan Saipul divonis ringan oleh Majelis Hakim PN Jakut.

Sementara Awang Lazuardi Emat, juga tersangka yang dicokok KPK dalam operasi tangkap tangan. Sebagai pengacara Ichsan Suaidi, Awang menyuap Andri Tristianto Sutrisna selaku Kasubdit Kasasi dan Perdata Khusus MA sebesar Rp400 juta, dengan tujuan agar salinan putusan kasasi terkait perkara korupsi yang menjerat lchsan ditunda, sehingga eksekusi terhadap dirinya juga akan tertunda.[zul]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top