Semua Rampung, Kakak Saipul Jamil Siap Disidang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Hukum

Semua Rampung, Kakak Saipul Jamil Siap Disidang

Kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkas perkara tiga tersangka dugaan suap terkait penanganan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah lengkap. Mereka adalah kakak kandung artis Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah serta dua pengacara Ipul, Berthanatalia dan Khasman. ‎

“Hari ini telah dilimpahkan berkas perkara kemudian barang bukti dan juga tersangka atas nama BN, K dan SH ke tahap penuntutan,” kata Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha, Kamis (11/8).

Menurut Priharsa, dalam waktu maksimal dua pekan, para tersangka akan dilimpahkan ke pengadilan. Mereka pun segera duduk di kursi terdakwa Pengadilan Tipikor Jakarta.

Sebelumnya, Berthanatalia dan Khasman mengajukan diri sebagai justice collaborator. Priharsa mengatakan, ‎status JC dapat diberikan bergantung pada kesaksian terdakwa di persidangan.

“Jadi kan kita ingin tahu seberapa konsisten dan seberapa komitmen dia dalam membantu penuntasan pengembangan maupun pendalaman perkara,” jelasnya.

Kini, KPK pun tinggal merampungkan berkas perkara untuk Penitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi. KPK masih memerlukan beberapa keterangan lain.

“Ada beberapa hal yang perlu didalami penyidik baik itu berkas perkara untuk dilengkapi,” pungkasnya.

KPK menetapkan empat tersangka terkait dugaan suap penanganan perkara di PN Jakut. Dua tersangka merupakan pengacara Saipul Jamil yaitu Berthanatalia dan Kasman Sangaji. Selain itu, Panitera PN Jakut Rohadi, dan kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah.

Rohadi ditangkap usai menerima uang suap Rp 250 juta dari dua pengacara Saipul Jamil, Khasman dan Berthanalia, serta kakak Ipul, Samsul Hidayatullah. Suap itu diduga diberikan agar majelis hakim PN Jakut memberikan vonis bebas atas perkara pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan Saipul Jamil.

KPK juga menduga sumber uang tersebut berasal dari Saipul Jamil. (put/jpg)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top