Air Sulingan, Baik atau Buruk? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Air Sulingan, Baik atau Buruk?

IMG_6813
Foto: google image

FAJAR.CO.ID – Air terdistilasi atau air sulingan hingga saat ini masih menjadi kontroversi di tengah masyarakat. Ada yang mengatakan bahwa air sulingan baik untuk kesehatan, ada juga yang mengatakan sebaliknya.

Air terdistilasi sendiri bukan hal yang baru. Awalnya, proses penyulingan tersebut bertujuan untuk menghilangkan kadar garam dalam air laut agar dapat dikonsumsi sebagai air minum, namun belakangan fungsinya berubah demi memenuhi kebutuhan akan air murni seperti untuk keperluan rumah sakit, lab kimia, perawatan otomotif dan akuarium.

Perlu diketahui bahwa air sulingan yang diproses sedemikian rupa itu memberikan dampak terhadap kandungan mineral yang dimiliki air. Proses penyulingan yang merubah air biasa menjadi uap dan kemudian didinginkan dan melalui proses kondensasi itu menghilangkan sebagian besar kandungan mineral air.

BACA:  Setelah Baca Ini, Anda akan Berfikir Ulang Mandi Pakai Sabun Batangan

Karenanya, lahirlah beberapa mitos dimasyarakat mengenai penggunaan air sulingan seperti hilangnya kandungan mineral makanan yang dimasak dengan air sulingan, rusaknya warna gigi, dan memiliki rasa yang asam.

Dilansir Authority Nutrition, tidak ada bukti kuat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi air terdistilasi itu berbahaya bagi kesehatan. Justru air terdistilasi yang bebas dari bakteri, klorin, pestisida dan bahan kimia lainnya itu memberikan keuntungan sendiri, terlebih pada mereka dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti oleh mereka yang memiliki sistem imune yang rentan terhadap kandungan tertentu.

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top