Kapolri Ingatkan Polda Papua, Atensi dari Presiden Betul-betul Diwaspadai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Kapolri Ingatkan Polda Papua, Atensi dari Presiden Betul-betul Diwaspadai

Jokowi_Marah_HL_nat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memanggil tujuh kapolda, yakni Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua, belum lama ini. Mereka dipanggil dalam rangka mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (kahutla) di wilayahnya  masing-masing.

“Bapak Kapolri memanggil tujuh kapolda yang sering mengalami atau menangani kahutla,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Hubungan Masyarakat (Divhumas) Polri Brigjen Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (12/8).

Menurut Agus, yang menjadi atensi kahutla ialah daerah Papua. Sebab, penanganan kebakaran di Papua sangat sulit, mengingat kondisi geografisnya memerlukan upaya pemadaman yang khusus.

“Tapi khusus Papua atensi dari presiden betul-betul diwaspadai,” kata Agus.

Sementara itu, untuk ketujuh daerah tersebut, sejauh ini para kapolda sudah membentuk tim yang juga terdapat anggota Mabes Polri di dalamnya. Tim tersebut nantinya mengevaluasi dan memetakan wilayah mana saja yang harus diantisipasi. “Termasuk kendala yang dihadapi di kasus kebakaran hutan dan lahan,” imbuh Agus.

Menurut Agus, tim tersebut nantinya akan didampingi oleh kementerian terkait sampai pemerhati lingkungan. ‎”Selain itu kami terus sosialisasikan penyuluhan agar proses pembukaan lahan gak lagi pakai cara-cara dengan membakar, apalagi di Sumatera dan Kalimantan adalah daerah mayoritas gambut. Kalau kebakaran, sulit dipadamkan,” tambah Agus.

Sementara itu, sebagai langkah antisipasi kahulta, ada beberapa kapolda yang sudah mendapatkan langkah antisipasi bagaimana menangani kebakaran. Menurut Agus, para kapolda dan para jajarannya menerima kendaraan yang sudah dimodifikasi.

‎”Seperti di Riau. Mobil patroli bawa mesim pompa, dengan selang. Apabila ditemukan ada air bisa langsung pemadaman saat itu, untuk tahap awal. Polda Riau sudah buat, Polda Jambi, dan Sumsel. Tentunya disesuaikan dengan kondisi wilayah. Selain itu, kapolda juga buat kanal untuk tampung air yang nanti kalau terjadi kebakaran bisa dimanfaatkan untuk pemadaman,” tandas Agus.(Mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top