Papahnya Divonis 10 Tahun, Artis Velove Vexia Nilai Putusan Hakim Tipikor Tidak Adil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Papahnya Divonis 10 Tahun, Artis Velove Vexia Nilai Putusan Hakim Tipikor Tidak Adil

velove

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Aktris Velove Vexia menyatakan keberatan dengan vonis sepuluh tahun penjara yang dijatuhkan Mahkamah Agung (MA) kepada ayahnya, OC Kaligis. Velove bahkan mengungkapkan bahwa Kaligis berencana mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali (PK).

“Pasti kita akan PK. Papa akan berjuang,” kata Velove di depan gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/8).

Velove datang untuk menjenguk OCK di Rutan Pomdam Jaya Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Diketahui, Rabu (10/8) kemarin, majelis hakim agung MA menolak kasasi yang diajukan OC Kaligis. Bahkan majelis yang diketuai Artidjo Alkostar, itu memperberat hukuman Kaligis menjadi sepuluh tahun penjara dan denda sebesar Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Pemeran sinetron Olivia itu menilai putusan sepuluh tahun untuk sang ayah tidak adil. Sebab, terdakwa lainnya dalam kasus ini, seperti hakim dan panitera PTUN Medan, divonis dengan hukuman lebih ringan.

“Aku ngerasa ada yang enggak pas gitu,” ujar Velove.

OC Kaligis dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi bersama mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti, serta pengacara muda M Yagari Bhastara alias Gary. Mereka terbukti menyuap tiga hakim dan panitera PTUN Medan dengan uang sebesar SGD 5.000 dan USD 27.000.

Suap itu diberikan untuk memengaruhi putusan hakim terkait perkara yang diajukan Gatot melalui kuasa hukumnya, OC Kaligis dan Gary. Yaitu, terkait penyelidikan Kejati Sumut atas kasus dugaan korupsi dana bansos yang dilakukan Gatot.

Di pengadilan tingkat pertama, pria berusia 74 tahun itu dihukum lima tahun dan enam bulan penjara. Tak terima dengan vonis tersebut, dia mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang kemudian memperberat hukumannya menjadi tujuh tahun penjara. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top