Pemanis Buatan dan Kaitannya dengan Resiko Kanker – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Pemanis Buatan dan Kaitannya dengan Resiko Kanker

IMG_6817
Foto: google image

FAJAR.CO.ID – Sudah lebih dari 30 lamanya penggunaan pemanis buatan menjadi perdebatan dikalangan medis terkait dengan resiko seseorang terkena resiko penyakit kanker. Perdebatan yang muncul sejak tahun 1970-an itu muncul akibat ditemukannya resiko kanker pada tikus percobaan yang diberikan asupan saccharin dan cyclamate dengan dosis tinggi.

Sejak saat itu lah setidaknya 30 studi yang melibatkan kedua zat tersebut digunakan pada manusia untuk membenarkan apakah konsumsi pemanis buatan pada manusia memberikan dampka riil terhadap resiko kanker.

Hasilnya pun mengejutkan, bahwa dampak yang ditimbulkan dari mengkonsumsi saccharin dan cyclamate pada tikus ternyata berbeda ketika dikonsumsi oleh manusia.

Dalam sebuah studi yang diikuti oleh 9000 partisipan yang mengkonsumsi pemanis buatan dalam kurun waktu 13 tahun lamanya, para peneliti menemukan tidak adanya kaitan antara pemanis buatan dengan resiko seseorang terkena kanker.

Dalam analisa studi terbaru dari studi yang dirilis dalam kurun 11 tahun terakhir, juga tidak ditemukan kaitan antara keduanya. Hal ini juga mendapatkan evaluasi dari pihak regulator Amerika Serikat dan Eropa yang juga menyatakan bahwa selama dikonsumsi dalam jumlah yang direkomendasikan, pemanis buatan bukanlah ancaman terhadap kesehatan, dalam hal ini penyebab dari kanker.

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top