Serangkaian Bom Mengguncang Thailand, 4 Tewas 20 Terluka – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Internasional

Serangkaian Bom Mengguncang Thailand, 4 Tewas 20 Terluka

160812052123_thailand_reutetrs__512x288_reuters_nocredit

FAJAR.CO.ID, BANGKOK- Ledakan bom terkoordinasi terjadi di Thainland semenjak hari Hari kamis hingga Jumat (12/8). Ledakan tersebut menargetkan Kota Bangkok yang merupakan kota terpopuler di Negara tersebut.

Ledakan terjadi di selatan Bangkok dan beberapa ledakan termasuk satu di pantai Patong di kota wisata Phuket, Sementara Tiga ledakan di kota Resor tepi laut Hua Hin. Disinyalir, Ledakan tersebut menyerang industri pariwisata di Kota tersebut.

Ledakan paling dahsyat adalah di Hua Hin di jalan yang sibuk, yang penuh dengan bar dan restoran. Salah satu wanita Thailand tewas dalam ledakan tersebut dan sekitar 20 orang terluka, yang juga terdapat warga negara asing.

Dilansir foxnews, Jenderal Sithichai Srisopacharoenrath, Seorang polisi di Hua Hin mengatakan, bom itu disembunyikan di dalam pot tanaman dan diseting dengan remote control. Dia mengatakan sebuah Ponsel samsung ditemukan dalam puing-puing tersebut yang diyakini dipakai pelaku sebagai meledak bom tersebut.

Puing-puing Bom berserakan di jalan saat polisi menyelidiki TKP. Ledakan itu merusak sepasang bilik telepon umum dan menghancurkan jendela Starbucks terdekat.

Toko-toko di pusat kota ditutup, yang biasanya ramai dengan manusia, kini menjadi sepih dan kosong. Belum sampai disitu, Pada jumat pagi, Sebuah Bom masih meledak di dekat sebuah menara jam di Hua Hin dan menewaskan satu orang dan melukai empat lainnya.

Sementara ledakan terpisah dilaporkan terjadi di tempat lain di selatan. Satu bom meledak di pantai kota Patong Phuket, melukai satu orang. Dua Ledakan lainnya di depan kantor polisi dekar wilayah Surat Thani, Thailand selatan, menewaskan 1 orang dan melukai 3 lainnya.

Dan dua bom lainnya juga meledak di luar sebuah pasar di Phang Na, menghancurkan dua kendaraan tapi tidak menimbulkan korban jiwa.

Sebelumnya pada kamis kemarin, sebuah bom meledak di provinsi selatan Trang, Sebuah Provinsi yang penuh dengan pantai yang indah dan pulau wisata, menewaskan satu orang dan melukai enam lainnya, menurut laporan pers Thailand.

Belum jelas siapa yang bertanggung jawab terhadap penyerangan beruntun ini, pihak berwenang juga tidak mengaitkannya dengan teroris internasional atau yang dikenal dengan Islam State (IS).

Ekonomi Thailand diketahui telah merosot semenjak kudeta militer 2014 lalu, namun peristiwa tersebut seperti menjadi magnet bagi wisatawan, dimana, lebih dari 14 juta wisatawan mengunjungi Bangkok sepanjang 2016. Angka ini merupakan angka tercepat yang sbelumnya hanya 12,5 juta.

Pemerintah asing, termasuk Amerika Serikat, mengeluarkan peringatan kepada warganya untuk menghindari wilaya-wilaya yang terkena bom. Sementara Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan bahwa tiga warga Jerman terluka dalam insiden tersebut.

Thailand selama ini memang telah mengalami kekerasa politik, termasuk beberapa pemboman, Hal ini terjadi semenjak miliarder populer, Thaksin Shinawatra, digulingkan sebagai perdana menteri dalam kudeta militer tahun 2006 lalu, Saat itu dirinya dituduh korupis, penyalahgunaan kekuasaan, dan menghina Raja Bhumibol Adulyadej.

Penggulingan Thaksin mengakibatkan gesekan-gesekan berdarah antara pendukung dan lawannya, yang meliputi militer.

Tidak hanya itu, Pemerintahan yang dipegang adiknya, Yingluck Shinawatra, yang merupakan perdana menteri pada 2011, digulingkan dalam kudeta terakhir di negara itu pada 2014 lalu (foxnews/dal/fajar)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top