Kasihan.. Pak Menteri Tolong Lihat, 3 Tahun Ratusan Siswa SD Ini Belajar Dalam Tenda, Ini Fotonya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Ragam

Kasihan.. Pak Menteri Tolong Lihat, 3 Tahun Ratusan Siswa SD Ini Belajar Dalam Tenda, Ini Fotonya

Fajar. Para Siswa Melakukan Proses Belajar Mengajar di Dalam Tenda

FAJAR.CO.ID, MALTENG- Genap sudah tiga tahun, ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) di Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku melakukan proses belajar di dalam tenda pengungsian, sejak Agustus 2013 hingga Agustus 2016.

Ratusan siswa ini harus bergantian untuk menggunakan tenda untuk bisa mengikuti proses belajar. Tenda yang berasal dari sumbangan BPBD Maluku ini sudah tak layak untuk digunakan lagi, namun tidak ada pilihan bagi ratusan siswa dan dewan guru. Padahal, bangunan sekolah baru yang bersumber dari anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah selesai dibangun, namun para siswa belum dibolehkan untuk menggunakan bangunan tersebut.

Kepada Fajar.co.id, tokoh masyarakat Desa Negeri Lima, Fuad Assel menjelaskan, ratusan siswa di tiga sekolah tersebut hingga kini masih melakukan proses belajar di dalam tenda. Terhitung hingga bulan Agustus 2016 ini sudah genap tiga tahun mereka berada di dalam sekolah tenda. “Hingga saat ini masih belajar di tenda,” kata Assel, saat dihubungi, Jumat (12/8).

Dikatakan, bangunan sekolah baru yang bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu sudah selesai dikerjakan sejak tiga bulan lalu, namun hingga saat ini belum ada ijin dari pemerintah kabupaten untuk ditempatkan. Bahkan, usai pekerjaan bangunan sekolah, tim dari Bawasda, Bappeda, Dinas Pendidikan dan DPRD telah melakukan pemeriksaan terhadap sekolah tersebut.

“Bangunan sekolah baru tidak ada kendala, sepertinya ada permainan sendiri dari ketiga kepala sekolah untuk memperlambat digunakannya bangunan sekolah baru. Sudah tiga bulan sekolah tersebut selesai, dan pemerintah seperti menutup mata dari masalah ini,” ujarnya.

Menanggapi masalah ini, M. Safi’in Soulissa, selaku pemerhati pendidikan Maluku, serta staf pengajar di IAIN Ambon menjelaskan, masalah pendidikan di Maluku harus menjadi perhatian utama bagi pemerintah daerah, terkhusus kabupaten Maluku Tengah selaku penanggungjawab atas problem yang dialami oleh ratusan siswa di desa tersebut.

Jika memang betul bangunan sekolah baru telah rampung, maka pihak pemerintah secepatnya mengambil langkah untuk memindahkan ratusan siswa-siswi tersebut ke ruangan yang lebih layak, jangan membiarkan bangunan tersebut kosong dan siswa tetap mengikuti proses belajar di dalam tenda yang berukuran kecil itu. Olehnya itu, diharapkan kepada pihak Mendikbud agar dapat menyikapi masalah ini. Tiga tahun bukan waktu yang singkat bagi anak-anak menjalani keadaan ini.

“Masalah ini sudah saya ikuti perkembangannya dari dulu, dan terus kami singgungkan di media, namun hingga saat ini para siswa masih belajar di dalam tenda. Kalau memang bangunan sudah selesai, ya pemerintah daerah (Pemkab Malteng-red) mengambil langkah dong, jangan mengharapkan pemerintah desa Negeri Lima lagi. Kalau sudah seperti ini prosesnya, maka diharapkan pihak Kemendikbud selaku penanggungjawab untuk menegur Pemkaab Malteng, ” jelasnya.

Sesuai dengan informasi yang didengar, lanjut Soulisa, pihak Kecamatan menyerahkan semua itu kepada pemerintah desa setempat, padahal itu adalah kewenangan Pemkab Malteng. Yang ditakutkan, masalah seperti begini dipelintirkan ke kepentingan kelompok.

“Kenapa harus diserahkan ke pemerintah desa, kasihan SDM mereka tidak sebaik Pemkab. Jangan gunakan masalah ini untuk kepentingan kelompok lah, karena moment Pilkada sudah dekat, terus ditunggu waktu pas untuk diresmikan, sedangkan yang menjadi korban adalah generasi emas bangsa ini,” ucapnya. (Ai/Fajar)

Fjar.co.id, Proses Belajar di Dalam Tenda

Proses Belajar Mengajar Sedang Berlangsung Dalam Tenda

Fajar.Co.IdProses Belajar di Luar Ruangan Karena Cuaca Panas di Dalam Tenda

Proses Belajar Mengajar Harus Berlangsung di Luar Tenda, Karena Cuaca di Dalam Tenda Sangat Panas

Fajar.co.id Belajar mengajar di dalam tenda

Para Siswa Sedang Mengikuti Ujian Semester di Dalam Tenda

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top