Polri Bergerak Membongkar Pengakuan Freddy Budiman, Hasilnya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Polri Bergerak Membongkar Pengakuan Freddy Budiman, Hasilnya…

1197317677brigjen-pol-boy-rafli-amar-kapolda-banten

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polri bergerak cepat dalam membongkar pengakuan Freddy Budiman yang dimuat dalam tulisan Haris Azhar, soal keterlibatan pejabat Negara dalam menjalankan bisnis haram itu. Tim yang dibentuk Polri ini, dinamakan Tim Pencari Fakta Gabungan (TPFG).

TPFG telah memeriksa empat penyidik Polda Metro Jaya yang pernah menangani kasus Freddy. Di sisi lain, tim yang dipimpin Irwasum Komjen Dwi Priyatno itu menduga, Fredi kerap mengirim dana melalui orang lain.

Kadivhumas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar menuturkan, memang telah dilakukan pemeriksaan terhadap petugas Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya (PMJ).

Pemeriksaan itu secara umum bertujuan memastikan apakah ada penggelapan prosedur saat menangani kasus Fredi. ”Benar atau tidak ada kejanggalannya,” jelasnya.

Yang pasti, semua petugas yang menangani Fredi diperiksa. Pemeriksaan terhadap semua petugas tersebut diprediksi baru bisa selesai pada Selasa. ”Tim juga harus ke adik Fredi Budiman yang sekarang masih ada di penjara,” tuturnya.

Soal hasil sementara pemeriksaan, Boy mengatakan belum bisa membukanya. Menurut dia, pencarian fakta sedang berjalan, berbagai hasilnya belum boleh dipublikasikan. ”Isi temuan belum untuk umum,” ujarnya.

Direktur Reserse Narkoba PMJ Kombespol John Turman Panjaitan mengakui, ada empat anak buahnya yang diperiksa TPFG. Mereka bertugas sebagai penyidik kasus Freddy. ”Ada yang ikut menangkap Fredi dan memeriksa,” jelasnya.

Bukan hanya itu. Dua mantan anggota PMJ yang telah dipecat dan dipidana juga diperiksa TPFG. Berkas perkara untuk dua mantan anggota tersebut juga diperiksa. ”Tim itu sudah mendapatkan berkasnya kok,” terangnya.

Menurut dia, dua mantan anggota PMJ itu ditanya soal kebenaran pernyataan Fredi terhadap Haris Azhar. Namun, soal jawabannya, tentu hanya tim yang bisa menyimpulkan. ”Kewenangannya tim dari Divpropam dan Kompolnas,” paparnya.

Boy menambahkan, Polri sudah memastikan mendapat izin untuk mengirim TPFG ke Nusakambangan. Sangat mungkin TPFG berangkat ke Nusakambangan Senin sore.

Prediksinya, pemeriksaan pada rohaniwan, sipir, dan napi John Kei selesai pada Selasa. ”Setelah itu, langsung ke Jakarta. Perlu diingat, waktu kerja tim ini hanya sebulan,” ungkapnya.

Selain itu, TPFG mendengar kabar bahwa ada video testimoni Fredi Budiman. Tim tersebut sedang berupaya mendapatkannya. Semoga dalam testimoni itu, ada yang menyebutkan nama. Dengan begitu, pemeriksaan jauh lebih mudah. ”Bagus kalau ada nama-namanya, kita diuntungkan,” tuturnya.

Bagaimana koordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)? Boy mengatakan, TPFG akan menjemput bola dengan secara langsung menemui PPATK.

”Selama ini kami hanya mendengar dari berita. Karena itu, kami minta data langsung soal rekening Fredi,” ujarnya. (sta/pjk1/fajar)

BACA:  Basmi Narkoba, Buwas Makin Sangar
loading...
Click to comment
banner advertise
To Top