Tips Meredakan Amarah Sebelum Anda Dikuasainya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Tips Meredakan Amarah Sebelum Anda Dikuasainya

IMG_7579

FAJAR.CO.ID – Pada suatu titik, setiap orang pasti pernah merasa marah dan tidak ada yang salah dengan hal itu, karena amarah sejatinya adalah hal yang lumrah dirasakan setiap individu.

Yang tidak biasa adalah ketika seseorang kesulitan untuk mengatasi rasa marah itu sendiri. Seseorang yang memasuki tahap kronis dari tingkat amarahnya tidak hanya merugikan kesehatan orang itu sendiri, melainkan juga hubungan percintaan, pekerjaan, kehidupan sosial dan reputasi yang telah terbangun.

“Amarah itu sendiri berada antara baik dan buruk,” jelas ahli anger management dan seorang profesor psikiatri di Robert Wood Johnson Medical School Rutgers University Mitch Abrams, PhD seperti dikutipp dari WebMD.

Amarah tingkat ringan dan menengah bisa menjadi hal yang baik, karena dapat menyadarkan anda dari hal yang salah dan mendorong anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Namun pada tingkat amarah kronis, seiring berjalannya waktu, maka kondisi tersebut akan membawa seseorang pada masalah kesehatan seperti tinggi tekanan darah, diabetes, kolestrerol tinggi dan masalah kesehatan lain.

Ketika seseorang marah, maka seseorang akan terekspos pada prilaku membuat keputusan yang tergesa-gesa atau tanpa pikir panjang. Jadi tidak heran mengapa amarah kerap berkaitan dengan banyaknya sejumlah kecelakaan dan aktifitas seperti merokok, berjudi, mimum-minum keras, dan kebiasan makan berlebihan.

Abrams berpendapat bahwa amarah juga memiliki peran penting terhadap depresei seseorang. Sementara studi lainnya menyebutkan bahwa menahan amarah juga sama buruknya dengan mereka dengan amarah yang meledak-ledak.

“Tidak ada orang yang terkena masalah karena merasa marah. Namun terkadang mereka terkena masalah akibat kelakuan mereka disaat mereka merasa marah,” Abrams menekankan.

Bagi anda yang ingin mengontrol amarah anda, Abrams menyarankan untuk mengatur nafas dan melemaskan otot-otot anda yang tegang. Bayangkan pantai atau tempat lainnya yang memberikan efek damai. Tarik dan kemudian buang nafas anda sembari membayangkan strees anda yang reda secara perlahan.

Semakin banyak anda berlatih menggunakan teknik ini, semakin besar dan cepat efek dari teknik relaksasi itu bekerja pada situasi yang tak mengenakan. Selain itu, mengontrol diri dengan alunan musik instrumental dan natural pun menjadi salah satu cara terbaik menenangkan emosi dalam diri anda.

“Semakin cepat anda bereaksi atas sebelum amarah menguasai anda akan semakin baik. Kuncinya adalah menenangkan diri anda sendiri sebelum meledak,” Abrams menyarankan.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top