Begini Bahayanya Menikah di Usia Belia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Begini Bahayanya Menikah di Usia Belia

Persiapkan Ini Sebelum Anda Menikah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Orangtua diminta untuk mempertimbangkan kembali keputusan anak jika ingin melakukan pernikahan di usia dini.

Pernikahan usia remaja dinilai akan rentan dari berbagai masalah rumah tangga. Setelah lulus sekolah di usia 18 tahun, anak akan mencari bekal hidup untuk menempuh perjalanannya kelak di kemudian hari.

Jika bekal belum cukup, saat masuk ke dalam kehidupan pernikahan maka akan kesulitan menghadapi asam garam.

“Saat usia 18 tahun anak itu dibawa orangtua selesai sekolah, adaptasi bukan ke keluarga saja tetapi sudah lebih luas. Nah dalam masa ini dia belajar. Bagaimana akan menjalankan pernikahan dini jika tak pernah belajar, maka akan sulit. Makan garamnya disini, bekalnya nanti enggak ada,” kata Dosen Bidang Studi Klinis Dewasa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Dra. Erida Rusli, M.Si di Fakultas Psikologi UI.

Jika anak belum siap atas dirinya sendiri, Erida khawatir dengan kesiapan mereka saat masuk ke dalam dunia pernikahan. Ia menjelaskan, pernikahan sebaiknya dilakukan sekali seumur hidup, jangan sampai ada perceraian.

“Sekarang bayangkan jika sudah nikah tetapi dia belum siap dengan konsep dirinya dalam perkawinan. Harus punya konsep diri dulu seperti apa. Pernikahan kan macem – macem ada berantemnya pasti. Jika usia sudah matang maka akan punya bekal seperti apa. Kalau enggak punya bekal akan berantem terus – terusan,” ungkapnya.

Pada pernikahan dini, campur tangan orangtua masih besar dalam tahapan rumah tangga. Sedangkan di satu sisi, kata Erida, membentuk keluarga baru harus termotivasi untuk tidak mengandalkan orangtua.

“Anak itu kita berikan sesuatu sampai 18 tahun, setelah itu dia harus usaha tak hanya itu saja. Kalau mau dapat uang banyak harus sekolah yang pintar. Kalau enggak berhasil akan rugi sendiri. Sekarang bagaimana anak dicekokin terus ini budaya tak baik. Dalam artian anak selalu mendapatkan yang ia mau,” tuturnya. (ris/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top