Di HUT ke-90, Fidel Castro Masih Terus Sumpah Obama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Internasional

Di HUT ke-90, Fidel Castro Masih Terus Sumpah Obama

fidel castro

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Fidel Alejandro Castro Ruz atau yang dikenal sebagai Fidel Castro kemarin (Sabtu, 13/8) berulang tahun ke-90. Untuk menandai ulang tahunnya, Castro menulis surat terbuka untuk rakyat Kuba.

Di dalam suratnya Castro menyampaikan sejumlah kritik keras terhadap Presiden Barack Hussein Obama. Misalnya, Castro, menilai, sikap Obama saat menyampaikan pidato di bulan Mei lalu di Hiroshima tidak pantas karena tidak menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa bom atom yang dijatuhkan AS di kota itu.

Di dalam suratnya yang juag dimuat media lokal, Castro mengucapkan terima kasih atas dukungan rakyat Kuba dan ucapan selamat HUT yang mereka sampaikan.

Dia bercerita tentang masa kecilnya di timur Kuba, juga menyinggung ayahnya yang tewas tak lama sebelum kudeta yang dilakukan gerakan progresif terhadap Fulgencio Batista yang didukung AS tahun 1959.

BACA:  Bangunan 400 Tahun Era Kolonial Ditemukan Setelah Air Surut

Castro mengundurkan diri dari jabatan Presiden Kuba sepuluh tahun lalu karena kondisi kesehatan yang terus melemah. Dia digantikan oleh adiknya Raul Castro.

Fidel Castro terlihat di depan publik terakhir kali pada bulan April lalu.

Kuba dan Amerika Serikat kembali menjalin hubungan diplomatik beberapa waktu belakangan ini. Namun demikian, Fidel Castro mengingatkan Obama yang mengunjungi Kuba bulan Maret lalu, bahwa negaranya tidak membutuhkan apapun dari Amerika Serikat.

Obama menjadi presiden AS pertama yang berkunjung ke Kuba sejak kunjungan Presiden Calvin Coolidge di tahun 1928.[dem]

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top