Kurang Dari 21 Hari Menjabat Menteri ESDM, Ini Masa Kecil Archandra Tahar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Kurang Dari 21 Hari Menjabat Menteri ESDM, Ini Masa Kecil Archandra Tahar

Archandra Tahar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kurang dari 21 hari sejak dilantik oleh presiden, Archandra Tahar merasakan jabatan sebagai Menteri ESDM di Kabinet Jokowi menggantikan Sudirman Said. Dalam sejarah pergantian menteri di Negeri ini, Ia termasuk menteri yang paling cepat dicopot jabatanya.

Pria berdarah Minang yang menghabiskan masa kecilnya di Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Kototangah ini, harus diberhentikan Presiden Joko Widodo lantaran persoalan status kewarganegaraanya.

Archandra sendiri lahir di Balai Nareh, Kecamatan PAriaman Utara, Kota Pariaman. Anak ketujuh dari delapan bersaudara ini adalah anak pasangan alm Taharudin (juragan PO Kawan) dan almarhumah Zuraida.

Sebelum melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Mesin, (1989 -1994) Archandra mengeyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) Angkasa Tabing. SMP Tabing (sekarang SMP 13), dan SMA 2 Padang.

Setelah lulus Archandra kemudian bekerja di Andersen Consulting, demi memiliki uang agar dapat melanjutkan kualiahnya ke S2-nya di A&M University, Texas. Tak berhenti sampai di situ, Archandra terus melanjutkan pendidikan S3-nya di Amerika Serikat

Sewaktu mengambil S2, ia dijodohkan oleh temannya dengan seorang gadis bernama Paulin, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Archandra pun pulang dan melangsungkan pernikahan. Setelah menikah ia memboyong istrinya ke Amerika.

Archandra tak hanya dikenal sebagai sosok yang pintar dalam akademis. Dia juga religius. Selama di Amerika, Archandra menjadi imam sekaligus guru agama di Islamic Family Akademy (IFA).

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top