Menteri ESDM Diganti, Sarifudding Sudding: Ini Langkah Tepat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Menteri ESDM Diganti, Sarifudding Sudding: Ini Langkah Tepat

sarifuddin sudding

Anggota Komisi III (Hukum) DPR RI Sarifudding Sudding (tengah).

Idris Prasetiawan/FAJAR.co.id

JAKARTA -Pencopotan Menteri ESDM Archandra Tahar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan langkah tepat.

“Ini memang langkah tepat dan harus dilakukan Presiden. Tidak ada jalan lain, mengingat yang bersangkutan (Archandra-red) memegang paspor asing. Apalagi sudah memegang sumpah setia sewaktu dilantik dan ternyata bertentangan,” kata Anggota Komisi III (Hukum) DPR RI Sarifudding Sudding kepada Fajar Media Center, Senin malam 15 Agustus 2016.

Jika seandainya Presiden tidak melakukan pencopotan, lanjut Sarifudding, maka Presiden bisa saja dimakzulkan.

“Jabatannya sebagai menteri tidak sejalan. Saya kira ini memang harus dilakukan karena ketika tidak dilakukan,  ini mengarah pemakzulan karena melanggar UU sesuai sumpah jabatannya,” tambahnya.

Sebelumnya pada Senin malam 15 Agustus Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam jumpa pers di Istana Negara, mengumumkan keputusan Presiden Jokowi mencopot Archandra Tahar dari jabatannya sebagai Menteri ESDM.

“Menyikapi pertanyaan publik terkait status kewarganegaan Meteri ESDM Arcandra Tahar, dan setelah memperoleh info berbagai sumber, maka Presiden memutuskan memberhentikan posisinya (Archandra-red) sebagai Menteri ESDM. Jadi malam ini resmi diberhentikan, maka mulai besok pagi (Selasa-red) beliau sudah tidak lagi sebagai menteri,” kata Mensesneg Pratikno. (idr/fajar)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top