Gelar Riset Selama 3 Tahun, Tim Berharap OS-Wifanusa Jadi Kado HUT Kemerdekaan ke 71 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Teknologi

Gelar Riset Selama 3 Tahun, Tim Berharap OS-Wifanusa Jadi Kado HUT Kemerdekaan ke 71

drone buatan anak negeri

JAKARTA– Riset dan penelitian pesawat tanpa awak yang sudah dijalankan selama tiga tahun oleh Yulian Paonganan bersama tim, akhirnya membuahkan hasil.

Pesawat tanpa awak Amphibi yang diberi nama OS-Wifanusa. Awalnya dirancang sebagai wahana transportasi alternatif di wilayah kepulauan telah berhasil mencapai satu tahapan spekatakuler.

OS-Wifanusa skala 1:3 dan 1:2 telah bermetamorfosis menjadi Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) supercanggih dan sudah mengantongi sertifikat Kelaikan Udara Miiter dan Indonesian Militery Airworthiness Autority (IMAA) Kemhan RI.

Kini drone canggih itu juga sudah resmi dimiliki oleh Kementerian Pertahanan sebanyak tiga set yang berjumlah enam unit PTTA.

“Kami masih menyelesaikan detail desain untuk merealisasikan OS-Wifanusa yang berpenumpang (berawak), karena proses pembuatan pesawat berawak banyak regulasi dan persyaratan yang tentu harus kami patuhi. Ini butuh waktu yang relatif lama” tutur pria yang akrab disapa Ongen itu.

BACA:  Mi Drone Milik Xiaomi Ini Dukung Resolusi 4K, Murah Pula!

Sebagaimana diketahui, Drone OS-Wifanusa memiliki dua type saat diciptakan. Yaitu OS-Wifanusa SL-D70 (wingspan 4.2m) dan OS-Wifanusa SL-D28 (wingspan 6.4m) dengan Endurance 6-8 jam dan 8-10 jam.

Drone ini diklaim mampu terbang autonomous dengan jangkauan telemetri mencapai 100 km dan membawa kamera canggih untuk surveillance dan pemetaan.

“Kami bertiga sebagai inventor dari pesawat ini, saya bersama Laksamana TNI Ade Supandi dan Oky Suanandi dibantu chief engineering Hisar Pasaribu berharap drone buatan anak dalam negeri ini jadi kado indah untuk HUT NKRI,” pungkas Ongen.

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top