Menteri ESDM Dicopot, PDIP: Banyak Predator Berkeliaran di Istana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Menteri ESDM Dicopot, PDIP: Banyak Predator Berkeliaran di Istana

Politikus PDIP Effendi Simbolon

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon, mengatakan, lolosnya Archandra Tahar yang punya dwikewarganegaraan menjadi menteri, tidak hanya membuktikan lemahnya prosedur rekrutmen pejabat pemerintah.

“Selain lemah tapi juga ada kemungkinan keterlibatan pihak-pihak yang disebutnya sebagai predator yang banyak di sekeliling Istana,” kata Effendi di Jakarta, Selasa (16/8).

Karena itu meminta kasus ini itu dijadikan momentum oleh Presiden Joko Widodo, untuk bersih-bersih di internal Istana Negara.

“Momentum ini harus dijadikan pintu masuk pembersihan. Presiden harus berani bersih-bersih. Kita harus pertahankan kedaulatan rakyat dan negara di atas segalanya, termasuk juga kewibawaan kepresidenan,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa secara politik pemberhentian Archandra memang sudah tepat. Namun dari sisi hukum, jebolan ITB itu harus dihadapkan pada tuntutan akan dugaan pelanggaran terhadap dokumen keimigrasian.

“Kalau tidak, ini akan menjadi preseden. Siapa-siapa yang mengaku dirinya sebagai warga negara asing maka secara sadar sudah mengingkari dan mengkhianati warga negara asalnya. Itu tidak baik dibiarkan,” imbuh Anggota Komisi I DPR itu.

loading...
Click to comment
To Top