Pakar Hukum Ini Sebut Hukuman Mati Tak Berpengaruh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Pakar Hukum Ini Sebut Hukuman Mati Tak Berpengaruh

Suparji........................

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pakar hukum pidana dari Universitas Al Azhar, Suparji mengakui jika eksekusi mati bandar narkotika nyatanya tidak membuat jera dan menakutkan bagi para sindikat pengedar barang haram ini.

“Hukuman mati juga tidak efektif untuk menakut-nakuti orang lain,” kata Suparji saat dihubungi wartawan.

Selain tak menimbulkan efek jera dan menakutkan, Suparji menilai, eksekusi hukuman mati juga rawan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) akibat kekeliruan dalam menghukum terdakwa.

“Yang bersangkutan sudah mati, padahal dia bukan pelakunya,” ujar Suparji dalam “Mengkritisi Penegakan Hukum di Indonesia” dan peluncuran buku “PK Jaksa Pascaputusan MK Nomor 33/PUU-XIV/2016: Executable Atau Non Executable?”.

Ia menambahkan, meski tidak efektif, namun hukuman mati merupakan hukum positif Indonesia dan sejumlah negara lainnya.

Sementara itu, pengamat politik Ali Munhanif  berpendapat, harusnya pemerintah tidak menjadikan eksekusi mati sebagai satu-satunya cara untuk membuat jera gembong narkotika.

“Hukuman mati Freddy Budiman adalah contoh sebelum dieksekusi ada gejala dia diperas. Itu berarti hukuman mati tak efektif. Kita jangan terjebak dalam rasa frustasi bahwa hukuman mati adalah satu-satunya cara,” pungkas Ali.[wid]

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top