Relevansi antara Garam dan Kanker Lambung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Relevansi antara Garam dan Kanker Lambung

IMG_8464
Foto: fitnflexed.com

FAJAR.CO.ID – Kanker lambung atau juga dikenal dengan nama gastric cancer, adalah kanker nomor 5 yang paling banyak umum terjadi. Kanker ini adalah penyebab kematian nomor 3 akibat kanker diseluruh dunia dan bertanggungjawab atas 700.000 kematian setiap tahunnya.

Menurut beberapa studi observasi yang mempelajari dampak yang dihasilkan mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi memiliki kaitan dengan kanker lambung.

Dari data tahun 2012 yang terdiri dari 7 studi yang melibatkan 268.718 patisipan di dalamnya, seperti dilansir Authority Nutrition, diketahui bahwa orang dengan asupan garam yang tinggi memilki resiko tinggi terkena gastric cancer sebesar 68 persen jika dibandingkan dengan mereka dengan asupan gara, yang rendah.

Asupan garam yang tinggi diduga meningkatkan pertumbuhan dari Helocobacter pylori, bakteri yang dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan serta luka pada lapisan lambung atau disebut gastric ulcer, yang dapat mengakibatkan gastric cancer.

Namun perlu diketahui bahwa studi ini hanya dalam skala tingkatan studi observasi, belum ada data yang konkrit terkait hasil studi ini, hanya saja ditemukan adanya kaitan antara keduanya.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top