Usai Archandra Dicopot, Presiden Harus Hentikan Kegaduhan dengan Cara Ini.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Usai Archandra Dicopot, Presiden Harus Hentikan Kegaduhan dengan Cara Ini..

jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan Arcandra Tahar dari jabatan Menteri ESDM dinilai sudah tepat. Keputusan itu membuktikan bahwa Jokowi responsif terhadap kritikan publik seputar kewarganegaraan ganda yang dimiliki menterinya.

“Keputusan presiden mengangkat Archandra sebagai menteri dulu memang keliru, tetapi lebih keliru lagi jika presiden membiarkan warga negara asing (WNA) menentukan kebijakan pengelolaan kekayaan alam Indonesia,” jelas pengamat politik Said Salahudin di Jakarta, Rabu (17/8).

Menurutnya, yang perlu dipersoalkan saat ini adalah mengungkap siapa pengusul nama Arcandra kepada Jokowi untuk menggantikan Sudirman Said dalam reshuffle Kabinet Kerja jilid dua. Said menengarai, pihak-pihak itulah yang sengaja menutupi status kewarganegaraan Amerika Serikat milik Arcandra.

“Orang tersebut lah yang harus dicari dan diberi hukuman berat. Sebab dia bukan saja telah mempermalukan Indonesia di mata internasional, mempermalukan presiden di mata publik. Tanpa disadari dia juga telah mengancam posisi presiden,” bebernya.

Lebih bagus lagi jika presiden mau terbuka mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab mengusulkan masuknya Arcandra di kabinet.

“Sekaligus mengenakan sanksi berat kepada orang tersebut agar menjadi peringatan supaya kasus serupa tidak terulang kembali. Aparatur negara yang bertanggung jawab terhadap masuknya orang asing ke dalam kabinet juga seharusnya tidak luput diberi sanksi,” tegas Said yang juga direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi (Sigma). [wah]

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top