6 Manfaat Besar Mengkonsumsi Pisang bagi Tubuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Ragam

6 Manfaat Besar Mengkonsumsi Pisang bagi Tubuh

IMG_8629
Foto: countrycleaver.com

FAJAR.CO.ID – Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang populer di dunia, salah satunya di Indonesia. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa buah yang satu ini sangat kaya akan nutrisi yang baik untuk menunjang tubuh yang sehat.

Berikut kandungan nutrisi yang dimiliki pisang seperti dilansir Authority Nutrition:

Kalium: 9% dari RDI.
Vitamin B6: 33% dari RDI.
Vitamin C: 11% dari RDI.
Magnesium: 8% dari RDI.
Tembaga: 10% dari RDI.
Mangan: 14% dari RDI.
karbohidrat: 24 gram.
Fiber: 3,1 gram.
Protein: 1,3 gram.
Lemak: 0,4 gram.
Ket: RDI (recommended dietary intake atau tingkat asupan gizi yang dianjurkan)

Karena kaya akan kandungan nutrisi seperti disebutkan di atas, pisang yang juga enak untuk disantap sebagai camilan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi buah pisang:

1. Baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah
Pisang kaya akan serat bernama pectin, yang memberikan daging bentuk strukturalnya. Dengan mengkonsumsi pisang muda yang mengandung pati resistensi yang berfungsi seperti serat larut. Pectin dan pati resistensi dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah usai makan siang dan mampu mengurangi nafsu makan.

2. Baik bagi pencernaan
Pisang yang kaya akan serat dan pati resistant dipercaya baik dalam membantu pertumbuhan jumlah bakteri baik dalam usus yang berguna dalam melindungi anda dari kanker usus besar.
3. Menyehatkan jantung
Potasium adalah mineral yang amat penting bagi kesehatan jantung, khususnya kontrol tekanan darah. Dengan mengkonsumsi pisang yang juga kaya akan nutrien lain seperti magnesium, itu artinya anda menyayangi jantung milik anda.

4. Membantu memerangi penyakit
Kandungan antioksidan yang dimiliki buah pisang mampu mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan juga mengurangi resiko yang diakibatkan beberapa penyakit lain.

5. Pisang mentah dapat membantu meningkatakan sensitifitas insulin
Resistensi insulin atau keadaan dimana tubuh membutuhkan jumlah insulin yang lebih tinggi dari biasanya untuk mengontrol gula dalam darah, biasanya ditemukan pada mereka yang mengidap diabetes tipe 2.

Menurut beberapa studi, 15-30 gram pati resistensi per harinya mampu mendorong sensitifitas insulin sebesar 33-50 persen. Efeknya akan terasa dalam kurun 4 minggu sejak mengkonsumsi pisang mentah.

6. Mendorong kinerja ginjal
Selain berfungsi sebagai pengontrol kandungan gula dalam darah, potasium juga baik dalam menunjang kinerja ginjal. Menurut sebuah studi yang berjalan selama 13 tahun, mereka yang mengkonsumsi pisang 2-3 kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko seseorang terkena kanker ginjal sebesar lebih dari 50 persen.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top