Indonesia Kontrol Harga Timah Global – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Ekonomi & Bisnis

Indonesia Kontrol Harga Timah Global

lalalalalalalalalalalalal..wkwkwkwkw

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ekspor komoditi timah kini mulai menggeliat. Harganya yang terbilang cenderung terus meningkat membuat industri timah kembali membangun kepercayaannya terhadap pasar Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia adalah negara produksi kedua terbesar dan pengekspor timah terbesar. Berdasarkan data di bursa Indonesian Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) pada tahun 2014 Indonesia mengekspor 50 ribu ton timah, dan meningkat 66 ribu ton pada tahun 2015.

Indonesian Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) selaku salah satu peruhaan yang bergerak dalam ekspor timah, sejak beroprasi pada Juni 2009, bersamaan dengan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), ICDX terus berusaha untuk mendorong pembentukan harga timah Indonesia yang lebih baik.

Tantangan lain yang harus dihadapi adalah meningkatkan kepercayaan pasar dunia terhadap produk timah Indonesia, serta menyelesaikan tantangan yang muncul dari dalam negeri. Salah satunya adalah tidak adanya pusat logistik berikat barang komoditas ekspor timah yang diperdagangkan melalui bursa.

Chief Executive Officer ICDX, Megain Widjaja dalam jumpa pers, Kamis 18 Agustus di Jakarta mengatakan, Sebagai produsen timah terbesar kedua di dunia, Indonesia terus berinovasi untuk memberikan produk timah terbaik kepada seluruh pelaku pasar internasional. Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah Indonesia, ICDX memiliki lima jenis kontrak timah yang diperdagangkan.

Sementara itu menurut Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi bahwa salah satu tantangan yang dihadapi, meskipun Indonesia merupakan produsen timah terbesar ke-2 sekaligus eksportir timah nomor satu di dunia. Rata-rata produksi timah Indonesia mencapai 90.000 ton. Akan tetapi, justru hrga timah ditentukan negara lain yang tidak memproduksi timah.

Dengan hadirnya, ICDX, lanjut Bachrul, meski Indonesia baru memiliki pasar komoditas berjangka untuk timah dalam 3 tahun terakhir. Sudah bisa menjadi acuan harga timah secara global. (idr/fmc/Fajar)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top