Ingin Tahu Jumlah Anggaran Pilkada Kalbar Tahun 2018, Baca Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Pilkada

Ingin Tahu Jumlah Anggaran Pilkada Kalbar Tahun 2018, Baca Ini

Kotak Suara

FAJAR. CO.ID, PONTIANAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) telah merumuskan rencana anggaran kebutuhan pemilihan kepala daerah serentak 2018 mendatang.

Jumlah keseluruhan anggaran yang diperlukan, dari salah satu opsi yang ditawarkan kepada Pemerintah Provinsi Kalbar mencapai Rp 335 miliar.

Ketua KPU Kalbar Umi Rindiyawaty mengungkapkan, Pilkada serentak 2018 akan berlangsung untuk Pilgub Kalbar dan Pilkada lima kabupaten/kota. Yakni Kabupaten Kayong Utara, Kubu Raya, Sanggau, Mempawah, dan Pontianak.

Angka Rp 335 miliar merupakan usulan anggaran apabila semua dana penyelenggaraan pilkada serentak 2018 dibebankan kepada KPU Kalbar. Pihaknya pun mengajukan anggaran ke Pemprov Kalbar sebesar Rp 228 miliar.

Sementara, jika diadakan sharing anggaran dengan KPU di lima kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada serentak, dana yang dibutuhkan Rp 276 miliar.

BACA:  Jalur Independen Buat Galau Parpol di Pangkep

“Di level KPU Provinsi, kami sudah selesai menyusun rencana kebutuhan anggaran tinggal menunggu pembahasan lebih lanjut di pemerintahan provinsi dan DPRD,” ujarnya saat uji publik rencana anggaran Pilkada serentak di Kantor KPU Kalbar, Selasa (17/8).

Dalam Pilkada serentak 2018, diperkirakan akan diikuti oleh 3.777.200 pemilih. Jumlah ini merupakan prediksi dengan melihat perkembangan penduduk. Ada kenaikan sebesar 6,54 persen dibandingkan pilpres beberapa tahun lalu.

“Pilgub sebagaimana yang diatur diadakan Juni 2018, selanjutnya tahapan dimulai kapan, itu harus ditetapkan dengan keputusan KPU. Sementara sekarang masih disiapkan untuk pemilu 2017 di Kabupaten Landak dan Kota Singkawang,” tambahnya. (bar/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top