Ini Kondisi Terakhir Bayi Kembar Siam Pasca Operasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Ini Kondisi Terakhir Bayi Kembar Siam Pasca Operasi

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (dua dari kanan) didampingi Tim Dokter kembar siam dr Agus dan dr Purwadi dan Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana  melihat kondisi bayi kembar siam Rahma dan Rahmi di Rumah Sakit Awal Bros, Selasa (1/5). F Cecep Mulyana/Batam Pos

FAJAR.CO.ID, BATAM – Kondisi dua bayi kembar siam yang sukses dipisahkan tim dokter, Minggu (14/8) lalu sudah semakin membaik. Keduanya sudah terlepas dari mesin ventilator sebagai alat bantu napas.

“Fungsi pencernaan pun sudah baik. Keduanya sudah buang air besar secara normal. Beberapa obat pendukung sudah dihentikan, serta support mesin sudah mulai diturunkan,” ujar Humas RS AwalBros seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group) hari ini (Rabu (17/8).

Kembar siam Rahma-Rahmi berhasil dipisahkan dalam operasi yang yang melibatkan 33 dokter di Rumah Sakit Awal Bros Batam, Minggu (14/8). Saat ini kondisi Rahma-Rahmi stabil.

Tahapan operasi diawali dengan memisahkan liver/hati. Organ vital Rahma-Rahmi itu berhasil dipisahkan pada pukul 12.16 WIB.

Sementara pemisahan secara utuh hanya berjalan 30 menit, tepatnya pada pukul 12.24.

Keduanya, terlebih dahulu akan melewati tahap stabilitas. Tim dokter terus memantau pergerakan jantung keduanya dan indikator-indikator lainnya yang menunjukkan keduanya stabil.

Rahma-Rahmi merupakan bayi pasangan Junaidi Bakri Ratulolly dan Warmin Bahruddin. Keduanya lahir di RS Camantha Sahidya pada 29 Maret dengan kondisi berdempet di bagian perut. Melihat kondisi kembar siamnya, tim dokter memutuskan untuk melakukan operasi pemisahan itu di Batam.

Tim dokter tampak berusaha melakukan yang terbaik. Mereka juga meminta dukungan doa dari masyarakat agar operasi ini berjalan lancar dan Rahma-Rahmi selamat. (egi/jpg)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top