Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad Sumbang Emas dengan Rekor Fantastik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Sport

Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad Sumbang Emas dengan Rekor Fantastik

liliana natsir tantowi ahmad

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Medali Emas yang ditunggu-tunggu akhirnya terwujud. Lewat cabang bulutangkis, ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menyumbang emas pertama bagi Indonesia di Olmpiade Rio 2016 Brasil setelah mengganyang wakil Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di partai final Rabu (17/8/2016) malam wib dengan 21-14 dan 21-12.

Selain menyumbang emas pertama, keduanya juga mencatatkan rekor sebagai ganda campuran pertama Indonesia yang menyumbang emas di olimpiade menyusul Susi Susanti, Alan Budikusuma, Ricky Subagja/Rexy Mainaky, Taufik Hidayat, Candra Wijaya/Tony Gunawan dan Markis Kido/Hendra Setiawan.

Medali emas pertama di Olimpiade Rio 2016 ini juga terasa istimewa karena didapat beberapa menit sebelum habis penanggalan 17 Agustus 2016 sehingga menjadi kado peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Dalam perjalanannya, pasangan ini tak sekalipun pernah tersentuh kekalahan. Impresifnya, semua laga itu dilewati tanpa ada satupun sampai rubber set.

Dimulai di laga penyisihan grup C melawan pasangan Australia, Robin Middleton/Leanne Choo. Keduanya malah mencatatkan kemenangan dengan margin poin yang sangat jauh yakni 21-7 dan 21-8.

Laga kedua grup, Tantowi/Liliyana menghadapi pasangan Thailand Bodin Issara/Savitree Amitrapai dengan 21-13 dan 21-19 sekaligus memastikan satu tempat di perempat final.

Di laga pamungkas grup C, meski tak menentukan, pasangan nomor 3 dunia itu tetap konsisten menghadapi Chan Peng Soon/Goh Liu Ying tanpa kesulitan dengan 21-15 dan 21-11.

Di babak perempatfinal, Tontowi/Liliyana secara mengejutkan harus saling ‘bunuh’ dengan rekan senegara Praveen Jordan/Debby Susanto. Kualitas Owi/Butet pun tak terbendung dengan mengakhiri laga 21-16 dan 21-11.

Di babak semifinal sempat muncul nada miring karena harus menghadapi ganda campuran nomor satu duni asal Cina Zhang Nan/Zhao Yunlei. Di luar prediksi, Zhang/Zhao pun dilibas Owi/Butet dengan tanpa rubber set serta selisih poin lumayan jauh yakni 21-16 dan 21-15!

Di laga puncak, Owi/Butet pun dipertemukan kembali dengan pasangan Malaysia yang sudah dikalahkannya di laga terakhir grup C Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Hasilnya pun sesuai dengan prediksi. Owi/Butet dengan mudah menggayang Malaysia dengan dua set langsung 21-14 dan 21-12!

Dengan demikian, tak sekalipun Owi/Butet tersentuh kekalahan atau melewati laga dengan rubber set termasuk dengan ganda campuran nomor satu dunia asal Cina Zhang Nan/Zhao Yunlei!

Jadi, medali emas yang dipersembahkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir untuk Indonesia adalah tanpa cela!

Berikut catatan laga Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Olimpiade Rio 2016 Brasil:

Penyisihan grup C
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Robin Middleton/Leanne Choo 21-7, 21-8
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Bodin Issara/Savitree Amitrapai 21-13, 21-19
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 21-15, 21-11.

Perempatfinal
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Praveen Jordan/Debby Susanto 21-16, 21-11

Semifinal
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Zhang Nan/Zhao Yunlei 21-16, 21-15

Final
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Chang Peng Soon/Goh Liu Ying 21-14, 21-12. (ruh/pj1)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top