Petahana Klaim Didukung Megawati, Yusril: Ahok Cukup Mahir Bermanuver – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Petahana Klaim Didukung Megawati, Yusril: Ahok Cukup Mahir Bermanuver

Yusril Ihza Mahendra

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Isu restu dukungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk Pilkada mendatang tidak membuat gentar bakal calon gubernur Yusril Ihza Mahendra.

Yusril bahkan mengaku belum sepenuhnya percaya atas klaim pria yang akrab disapa Ahok itu.

“Soal klaim Ahok itu sepenuhnya saya serahkan benar tidaknya kepada beliau,” kata Yusril dalam siaran persnya, Kamis, (18/8)

Andaikata klaim itu benar, maka Yusril mengaku akan menghormati keputusan PDIP itu.

“Pilihan politik selalu tidak mudah. Setiap keputusan pasti ada risikonya. Tentu PDIP telah memikirkan keputusannya dengan sematang-matangnya,” kata Yusril.

Jika klaim itu tidak benar, Yusril mengatakan, PDIP tentu leluasa untuk menentukan pilihan terbaiknya. Menurutnya, PDIP bisa memilih tokoh lain yang dianggap paling tepat untuk memimpin Jakarta.

“Saya yakin sebagai partai besar PDIP sudah kaya pengalaman,” ujarnya.

Menurut Yusril, saat ini Ahok memang cukup mahir bermanuver karena didukung banyak pihak. Termasuk dari Presiden Joko Widodo.

“Ahok memang lebih mudah bermanuver karena selain berposisi sebagai petahana dan didukung jaringan media mainstream, di belakang Ahok ada Jokowi yang kebetulan sedang menjabat Presiden RI,” kata Yusril.

Dukungan Presiden kepada Ahok, lanjut Yusril, sudah menjadi rahasia umum, termasuk dalam hubungannya dengan proses pengambilan keputusan Pilgub DKI di internal PDIP.

Karena itu, Yusril menyesalkan jika Presiden terang-terangan menunjukkan dukungan pada Ahok. Sebagai negarawan, menurutnya, Presiden harus berada di atas semua paham dan golongan, sebagaimana digagas Bung Karno.

“Dalam pilkada, Presiden harusnya bersikap netral dan mengayomi semua kandidat yang akan maju ke pencalonan, bukannya malah bermanuver menunjukkan sikap pemihakan dan dukungan kepada Ahok sebagai salah satu kandidat,” tegasnya.

Yusril memastikan akan tetap ikut Pilkada DKI Jakarta sampai akhir. Meskipun Ahok terlihat panen dukungan termasuk dari Presiden tidak membuat ciut nyali mantan Menteri Kehakiman dan HAM itu.

“Saya dengan segala kemampuan terbatas yang saya miliki, akan mengikuti proses pencalonan Gubernur DKI ini sampai akhir. Ada pun hasil akhirnya, saya serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Apa pun keputusannya, saya anggap itulah yang terbaik buat saya,” pungkas Yusril.

loading...
Click to comment
To Top