Ssssst… Menteri BUMN juga Lahir di Amerika – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Nasional

Ssssst… Menteri BUMN juga Lahir di Amerika

download

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemecatan Menteri ESDM, Arcandra Tahar gara-gara memiliki dwi kewarganegaraan menjalar kemana-mana. Kini, PDI Perjuangan kembali mengungkit isu status Rini Soemarno, Menteri BUMN yang diduga sama seperti Arcandra.

Politisi PDIP, Masinton Pasaribu menegaskan bahwa pemerintah tidak boleh tebang pilih. Penelusuran terhadap Rini Soemarno dirasa perlu agar tidak terjadi lagi kejadian seperti Arcandra.

“Sampai sekarang kan belum ada informasi dari negara, baik itu Imigrasi, Kedutaan ataupun Kementerian Luar Negeri. Apakah dalam hal ini negara sudah melakukan pengecekan? Sampai sekarang kan kita belum tahu,” jelas dia saat dikontak, Rabu (17/8/2016).

Menteri Rini sudah mengakui bahwa dirinya memang lahir di AS, tepatnya di Maryland pada 9 Juni 1958. Dia juga menyelesaikan pendidikan di Wellesley College, Massachusetts dan lulus pada 1981.

“Ini kan juga menyangkut dua azas yang berbeda. Kalau di AS, orang yang lahir di sana langsung diangkat sebagai warga negara,” kata Masinton lagi.

Dia menegaskan, penelusuran perlu dilakukan lantaran ada kekhawatiran kepentingan negara yang disusupi.

“Iya harus ditelusuri dong. Negara harus menelusuri, karena dia pejabat negara,” pungkasnya.

Rini sendiri sudah membantah tentang rumor ini. Usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPR RI kemarin, Rini menegaskan bahwa dia adalah warga Indonesia, meski lahir di luar negeri.

“Bukan berarti saya warga Amerika Serikat, no!” kata dia. (sam/sta/pjk1/fajar)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top